Pentas PAIS, pendidikan karakter bagi penerus generasi berkualitas

Magelang – Kementerian Agama bertekad kuat untuk meningkatkan pendidikan karakter (character building) melalui serangkaian kegiatan berbasis keagamaan. Sebab dengan tumbuhnya generasi yang berkarakter baik, maka akan menciptakan sumber daya yang berkualitas secara intelektual dan keimanan.

Demikian pernyataan Kudaifah, M.Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang pada kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAIS) Tingkat Kabupaten Magelang tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang pada hari Rabu, 27 Mei 2015 di Rumah Brambang Salam, Tempuran, Magelang.

Kegiatan Pentas PAIS merupakan perwujudan penanaman nilai-nilai agamis kepada anak-anak didik agar nanti tumbuh menjadi generasi yang berkualitas. Generasi yang berkualitas adalah generasi yang berkualitas tidak saja intelektualnya, tetapi juga berkualitas keimanannya. Beliau mengibaratkan dengan pepatah bahwa orang yang berilmu pengetahuan tetapi tidak diimbangi dengan agama diibaratkan orang yang buta. Sebaliknya orang yang mempunyai pengetahuan agama tetapi mengesampingkan ilmu pengetahuan, ia ibarat orang yang lumpuh. Dengan demikian generasi yang berkualitas sudah seharusnya pintar tetapi santun, cakap, dan berakhlakul karimah.

Melalui Pentas PAIS, Kudaifah berharap semua peserta agar menekuni ilmu pengetahuan secara sungguh-sungguh, tetapi jangan melupakan nilai-nilai luhur agama Islam. Apalagi di tengah derasnya pola pemikiran materialis, hedonis, imperialis dan pemikiran Barat yang menganggap bahwa kebahagiaan itu manakala hidupnya menjadi kaya raya. Padahal konsep itu salah menurut Islam, karena kebahagiaan itu akan tercapai manakala mendapatkan ridlo Allah Swt, dan ridlo Allah swt hanya didapatkan melalui penghayatan, pendalaman, dan pengamalan agama dengan sepenuh hati.

Dalam Pentas PAIS ini, sebanyak 283 peserta dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK berkompetisi untuk dalam lomba Pidato Pendidikan Agama Islam, Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Cerdas Cermat, Debat PAI, Kaligrafi Islam, dan Kreasi Busana. Juara kesatu dari masing-masing cabang lomba dipersiapkan untuk mewakili Kabupaten Magelang mengikuti Pentas PAIS tingkat Provinsi Jawa Tengah. (m45k)