Pentingnya Kaderisasi Qori dan Qoriah

Cilacap – Pelatihan Qori dan Qiriah dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Wasi Arya. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Jalabumi Wijaya Kusuma baru-baru ini. Kegiatan  diikuti 48 peserta terdiri dari pelatih Tk. Kecamatan. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, narasumber mendatangkan dari tingkat Internasional dan Kabupaten.

Disampaikan dalam sambutannya, bahwa pelatihan Qori dan Qoriah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baik kualitas maupun kuantitas di Kabupaten Cilacap. Sekaligus sebagai wujud perhatian dan kepedulian dan tanggung jawab Pemkab Cilacap terhadap pembinaan umat Islam.

Dikatakan pula bahwa, kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para Qori dan Qoriah dalam mengajarkan tilawah sesuai dengan standar MTQ kepada para santrinya. Lebih lanjut Wabup berharap, kegiatan tersebut dapat melahirkan pelatih yang mampu melahirkan bibit-bibit qori dan qoriah yang terbaik di Kabupaten Cilacap, sekaligus dapat mengukir prestasi pada perlombaan MTQ baik ditingkat Provinsi maupun Nasional.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Mughni Labib menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinginya atas perhatian pemerintah Kabupaten Cilacap. Menurutnya, tanpa kerja sama dan saling bahu-membahu, maka kegiatan peningkatan kualitas dan kuantitas qori dan qoriah sulit direalisasikan.

Hambatan terbesar yang dihadapi Kemenag adalah terkait dana kegiatan. Kakankemenag menegaskan bahwa selama ini DIPA Kementerian Agama sebagian besar habis untuk belanja gaji pegawai. Untuk itu, Kemenag harus mengoptimalkan kerja sama lintas sektoral. Karenanya, hubungan silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten harus terus ditingkatkan agar kegiatan keagamaan tidak terabaikan. (on/bd)