Pentingnya Pengetahuan Tentang Kanker dan Tumor

Demak – Kementerian Agama Kabupaten Demak bekerja sama dengan Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia, menyelenggarakan Penyuluhan kesehatan tentang Kanker dan Tumor, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pegawai kementerian agama yang berjumlah 68 pegawai dengan mengambil tempat di Aula Kantor, Jumat (10/03).

Kepala Kantor Kementerian Agama Muhammad Thobiq mengucapkan terima kasih dan selamat datang di Kementerian Agama Kabupaten Demak, semoga penyuluhan ini bermanfaat bagi seluruh pegawai sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasan pegawainya tentang kanker serviks.

Jumardi dari YSKI (yayasan sosialisasi kanker Indonesia) menyampaikan bahwa Pengenalan tentang kanker serviks sangat penting mengingat penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu di indonesia, bahkan sama bahayanya dengan AIDS. Padahal dalam satu hari, Lima orang perempuan di nyatakan meninggal akibat kanker tersebut.

Banyak perempuan yang kurang mengenal kanker serviks secara mendalam. Padahal penyakit ini sangat berbahaya. Di indonesia kanker serviks menjadi penyakit nomor satu yang dapat mengakibatkan kematian. Padahal jika di ketahui lebih awal, kaum perempuan bisa saja menghindarinya. Kanker serviks bisa menyerang seluruh perempuan tak terpengaruh faktor usia. Bahkan, orang tua yang sudah tergolong Monopause bisa menjadi penderita. Jika penyakit ini sudah di kategorikan stadium lanjut, cara terakhir menyelamatkan nyawa penderita hanya dengan mengangkat rahimnya.

 Menurut Jumardi sebagai kepala cabang yayasan tersebut, Kanker serviks sebenarnya bisa di cegah melalui Vaksinasi. Namun Vaksinasi ini hanya bisa di berikan pada perempuan yang belum terkena tapi apabila sudah terkena malah akan memicu keganasannya. Salah satu penyebab kanker serviks adalah Virus HPV yang tularkan dari hubungan sexual. Jadi salah satu cara mencegah kanker serviks dapat di lakukan dengan menghindari seks bebas atau berganti-ganti pasangan, dan tidak melakukan hubungan sex diusia dini. 

Sedangkan faktor penularan virus HPV lainnya adalah dari jalur non sexual salah satunya faktor penggunaan barang-barang yang berhubungan dengan organ intim wanita contohnya pemakaian celana yang ketat,  pembalut wanita, Spekulum yang sudah terkontaminasi Virus HPV. Dan di sebabkan karena faktor zat Dioxin (bahan-bahan kimia sintetis) yang terdapat pada pembalut berkualitas rendah yang biasa  digunakan kaum wanita setiap bulan.

Disamping dikarenakan hal tersebut diatas daerah kewanitaan yang lebab dan tidak bersih juga bisa jadi pemicu kanker serviks tapi juga disarankan untuk tidak membersihkan organ kewanitaan dengan sabun karena sabun mengandung zat kimia.

Tanda tanda Kanker Serviks diantaranya ;

Keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan selain darah dari kewanitaan dalam jumlah banyak. Meskipuun tidak semua keputihan berbahaya akan tetapi jika anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri berikut, anda harus waspada  keluarnya cairan dalam jumlah banyak, Cairan berubah menjadi kental, Berbau tidak sedap, maka apabila timbul keputihan dan mentruasi yang tidak normal maka perlu perhatian serius,  maka untuk segera konsultasi ke Dokter.

Pendarahan. Kebanyakan wanita menganggap bahwa pendarahan yang terjadi karena siklus menstruasi yang tidak normal, akan tetapi perlu diwaspadai jika darah yang keluar dari area kewanitaan anda sering dan berlangsung rutin maka harus memeriksakan segera pada dokter.

Nyeri buang air kecil atau anyang-anyangan.  Kantung kemih yang terinfeksi dengan virus akan mengakibatkan penderita mengalami rasa sakit buang air kecil ini merupakan gejala kanker serviks memasuki stadium lanjut.

Mengakhiri kegiatan Thobiq mengucapkan terimakasih kepada anggota yayasan tersebut, atas penyuluhan dan kepeduliannya semoga bermanfaat bagi seluruh pegawai negeri sipil Kemenag Demak dan keluarganya sehingga bisa mencegah sedini mungkin kanker serviks. (tgh/gt)