Pentingnya Persiapan UN Wajar Dikdas Sejak Dini

Temanggung – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Saefudin membuka kegiatan Sosialisasi UN Program Paket Wajar Dikdas,Kamis (16/2). Sebanyak 40 orang peserta Penyelengara Program Wajar Diksdas PPS Ula, Wustha, Ulya, dan Paket C mengikuti kegiatan ini di Rumah Makan Obah Kebon Temanggung.

Dalam kesempatan itu, Saefudin menyajikan materi tentang kebijakan pemerintah terhadap kurikulum kesetaraan pendidikan dasar. Mengacu pada UU Sisdiknas No 20/2003 Pasal 26 Ayat (6) yang dimaksud setara atau dihargai setara, setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. “Jadi ukurannya adalah hasil ujian,” jelasnya.

Bila dicermati lebih mendalam sedikitnya ada tiga model pendidikan kesetaraan yang sudah dilakukan oleh Depdiknas diantaranya, pendidikan kesetaraan sebagai pelengkap pendidikan sekolah, pendidikan kesetaraan yang pararel dengan pendidikan sekolah, pendidikan kesetaraan sebagai alternatif bagi pendidikan sekolah.

Sementara itu Kasi Pendidikan Diniyah. Pondok Pesantren Munsiri  mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas kelulusan santri Penyelengara Program Wajar Dikdas dan Pondok Pesantren, mendata peserta ujian nasional, sekaligus persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Disamping itu ujian nasional untuk tingkat Wustha akan dilaksanakan 17-19 April 2017, sedangkan tingkat Ulya dan Paket C 20-23 Maret 2017. Disamping itu, sosialisasi tersebut dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan UN sejak dini dan  mengoptimalkan program nasional tentang penyeteraan pendidikan pada pondok pesantren salafiyah dan persiapan melaksanakan UN pada bulan April mendatang.

Munsiri  menjelaskan ada beberapa perbedaan dalam penyelenggaraan UN tahun 2017 dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini pelaksanaan UN Program Paket bagi pondok pesantren tidak seperti tahun sebelumnya dilaksanakan masing-masing, akan tetapi dilaksanakan secara bersama disatu tempat.

Selain itu, hasil sosialisasi tersebut sekaligus pengumpulan data peserta UN Paket dan Wajar Dikdas yang sudah didaftarkan ke Dinas Pendidikan. yang mengikuti ujian Paket C. ”Jadwal UN untuk Pendidikan Kesetaraan Program Paket C gelombang pertama dilaksanakan pertengahan April mendatang yang kemudian disusul program paket B pada Mei 2017,” ujarnya.(sur/Af)