Pengembangan Kebun Madrasah Sebagai Upaya Mengajarkan Anak Peduli Terhadap Penghijauan

Kota Magelang – Kebun madrasah merupakan salah satu faktor penunjang sarana prasarana madrasah. Di mana hal ini sangat memengaruhi atmosfer di lingkungan madrasah. Dengan adanya kebun madrasah mampu membuat anak lebih nyaman dan betah tinggal di madrasah. Suasana asri dan indah akan senantiasa tercipta.

Mengawali kepemimpinannya, Nina Agustien,S.Pd, Kepala MI Muhammadiyah Kota Magelang periode 2018-2022, membuat terobosan kerjasama dengan pihak Dinas Pertanian, bersama KWT (Kelompok Wanita Tani) KSM Matahari Jurangombo Selatan untuk Pengembangan Kebun Madrasah.

“Hal ini sangat bermanfaat bagi kami, yang mana edukasi yang diberikan pihak KWT KSM Matahari Jurangombo Selatan ini dapat memotivasi kami untuk lebih peduli terhadap penghijauan madrasah dan mengajari kami bagaimana bercocok tanam dengan baik dan benar,” tutur Nina.

Kerjasama ini diawali sejak tanggal 20 Oktober 2018 dan akan berlangsung satu tahun ke depan. Pada hari ini Senin, 19 November 2018 kami sudah memanen hasil tanaman seperti selada, tomat, cabai, dan seledri. Melalui kegiatan ini diharapkan anak sekolah akan mengenal tentang lahan kritis, serta kerugiannya dan bagaimana menjaga kelestarian alam dilingkungan sekolah.

“Hasil kebun tersebut adalah untuk pihak madrasah dan nantinya kami akan memberikan bibit baru lagi kepada pihak madrasah untuk ditanam.” Begitu kata Farida, ketua KWT KSM Matahari Jurangombo Selatan ketika berkunjung ke madrasah untuk kedua kalinya. (lilik/sua)