Penutupan PDWK Pelatihan Pembelajaran Tematik Guru RA

Kudus,  (30/8/2021) telah berlangsung kegiatan Penutupan  PDWK Pelatihan Tematik RA bertempat di Aula Kemenag, diikuti oleh Widyaiswara dari Balai Diklat Semarang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Kudus, panitia dan peserta pelatihan sebanyak 40 guru RA.

Balai Diklat Keagamaan Semarang yang diwakili oleh widyaiswara, Darwiyanto dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus atas kerjasamanya  yang baik. Dikatakan beliau bahwa sinergitas antara BDK Semarang dengan Kantor Kementerian agama Kabupaten Kudus selalu terjalin dalam rangka peningkatan kompetensi guru di kemudian hari.

Beliau menyampaikan pula bahwa pihaknya selalu menerima fisbek atau evaluasi evaluasi dalam rangka peningkatan pelayanan pelaksanaan PDWK dan mengharap agar para peserta untuk mendesiminasikan hasil yang didapatkan dari pelatihan ini kepada guru guru dilingkungan sekitarnya.

Hadir Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Kudus, Suhadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan ada 6 misi yang harus kita laksanakan untuk mencapai visi. Diantaranya adalah meningkatkan pelayanan pendidikan yang merata dan bermutu. Pemerataan pendidikan itu artinya anak usia dini dengan mudah mendapatkan pendidikan melalui RA. Dan dalam pelayanan pendidikan yang bermutu ada beberapa faktor yang harus dimiliki seorang guru yaitu : Kompetensi, kwalifikasi dan kinerja. Dikatakan guru itu mempunyai kompetensi apabila mempunyai kemampuan berfikir, punya rasa, emosi dan mempunyai skil penampilan sesuai dengan tolok ukur yang dibutuhkan sebagai guru RA. Dan untuk  menuju  guru yang berkompetensi ini dilaksanakan Pelatihan Pembelajaran Guru RA.”Jelasnya.

Suhadi juga menyampaikan tentang moderasi beragama. Dikatakanya moderasi beragama adalah merupakan sikap dimana kita memiliki sikap toleran antara sesame umat beragama tidak ekstrim yang memaksakan kehendak dengan cara kekerasan. (St.Zul/wwk/bd)