Penyerahan Tropy dan Piagam Ajang Lomba KTI untuk Guru Madrasah

* Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang didampingi Kasi Pendidikan Madrasah dan Pengawas Madrasah berpose bersama Para Guru yang menerima kejuaraan

Batang – Untuk meningkatkan profesionalisme guru madrasah, Hj. Minarsih Pengawas Madrasah berinisiasi mengadakan lomba KTI pada seluruh guru madrasah dibawah binaannya, dan pada Selasa (31/08) yang lalu penyerahan penghargaan pada juara kegiatan tersebut di gelar di MTs Nurul Huda Banyuputih yang dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang yang didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah.

Dalam laporannya Pengawas Madrasah Hj.Minarsih mengatakan bahwa pihaknya tergerak untuk mengadakan kegiatan lomba itu karena sampai saat ini KTI menjadi salah satu syarat bagi Guru PNS pada golongan tertentu harus membuat KTI .

“ Saya terinspirasi pada banyak guru madrasah yang mengajukan kenaikan pangkatnya terpending karena terkendala tidak memiliki KTI, selain itu sebagai asesor yang selalu mengawal persiapan visitasi masdrasah, KTI bagi guru juga sangat diperlukan, maka untuk memicu agar para guru dapat membuat KTI yang baik, maka saya mencoba mengadakan kegiatan itu,” kata Hj. Minarsih.

Dia juga menyampaikan bahwa sebenarnya proses pengumpulan, penilaian KTI itu sudah dilaksanakan jauh hari sebelum Agustus 2021, namun karena kondisi PPKM darurat juga banyak guru yang ternyata mengikuti, maka baru kali ini dapat diselesaikan.

“ Alhamdulillah hingga awal agustus hamper 60% guru dibawah binaan saya yang mengirimkan KTI itu, setelah kita teliti satu-satu rata-rata KTI yang dihasilkan begitu baik, sangat ketat sekali persaingannya, sehingga pengawas sangat hati-hati memilih KTI yang terbaik,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah H. Munif dalam sambutanya menyatakan bahwa pihaknya saangat mendukung kegiatan yang murni diinisiasi langsung oleh Ibu Hj. Minarsih selaku pengawas Madrasah ini.

“ Saya sangat mendukung dan memberi apresisiasi setinggi-tingginya atas inisiatif dan inovasi Pengawas Madrasah kususnya pada Ibu Hj. Minarsih sehingga para guru dapat meningkatkan kapasitasnya profesinya, dan dapat membuka kebuntuan kususnya para guru PNS madrasah yang terkendala dalam kenaikan pangkatnya karena belum membuat KTI,” kata H. Munif.

* Para Juara pembuatan KTI berpose bersama Kepala Kantor Kasi Penmad dan para Pengawas Madrasah

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang H.M Aqsho dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi atas inisiatif Hj. Minarsih sebagai pengawas madrasah, menurutnya KTI sangat penting bagi guru apalagi bagi mereka yang akan mengajukan kenaikan pangkat pada golongan tertentu.

“ Saya memberikan apresiasi yang tinggi pada Ibu Hj. Minarsih yang telah memberikan inisiasi pada para guru dalam hal pembuatan KTI itu, jangan dijadikan ini sebuah lomba yang berat, namun jauh lebih dari itu KTI sangat penting bagi Guru,” jelas H.M Aqsho.

Dia juga mengatakan bahwa sebagai guru madrasah untuk bersama-sama memanjukan dunia pendidikan madrasah yang hebat, dapat melayani siswa kita hingga menjadi genarasi yang berkarakter.

“Tantangan guru kedepan haruslah dihadapi, para guru harus mampu mengaplikasikan IT dan memanfaatkannya”, katanya.

Acara ini semakin menarik karena sebagai tuan rumah MTs Nurul Huda Banyuputih menayangkan acara ini melalui chanel Youtube nya sehingga dapat diikuti oleh seluruh guru Madrasah kususnya di wilayah Batang Timur. (Ulfa dwi khasanah,Zy )