Penyuluh Agama Inisiasi Gerakan Bersih Masjid

Kendal – Kelompok Kerja Penyuluh Pokjaluh Kendal senantiasa berupaya memberikan kemanfaatan bagi masyarakat bi lisan maupun bi hal. Salah satunya diwujudkan dalam kegiatan bersih Masjid di masjid Al Istiqomah Desa Ngariyanak Singorojo, Kamis (28/2). 

Gerakan bersih masjid dengan menggandeng Penyuluh Agama Islam non PNS Kecamatan Singorojo ini dilaksanakan untuk menciptakan keadaan masjid yang bersih dan rapi  sehingga menciptakan kenyamanan saat beribadah terutama salat Jumat. Tidak hanya di tempat salat, kamar mandi dan toilet seluruhnya dibersihkan.

Dengan kegiatan ini diharapkan kedepanya marbot, takmir dan pengguna fasilitas masjid dapat lebih menjaga kebersihan. Tidak hanya memberikan bimbingan penyuluhan secara lisan tetapi memberikan contoh langsung terhadap masyarakat mengenai arti penting dan manfaat kebersihan tempat ibadah menjadi tugas penting Pokjaluh.

Sambutan baik diberikan oleh ketua takmir masjid Al Istiqoma, Yasin yang berterimakasih atas profesionalitas kerja Pokjaluh yang berperan serta dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Tidak cukup hanya melaksanakan pengajian rutin saja, mengadakan kegiatan ini juga sangat dibutuhkan, sebagai stimulan dan mengingatkan kembali bahwa kebersihan mempunyai efek luas bagi kenyamanan, kekhusu’an dan ketenangan dalam beribadah,” ujarnya.

Ketua Pokjaluh Kendal, Zamahsari juga memberikan bantuan alat sholat berupa mukena kepada takmir masjid. Dirinya berpesan kenyamanan beribadah menjadi proritas utama, sehingga mindset negatif masyarakat sedapat mungkin diminimalisir.

“Kebersihan itu sebagian dari iman, maka setiap muslim harus dapat menerapkan dimanapun. Anggapan masyarakat bahwa  kebersihan kamar mandi dan toilet Masjid kalah dengan toilet umum harus dihilangkan,” tegas Zamahsari.

Gerakan bersih masjid oleh Pokjaluh telah menjadi agenda rutin bulanan, yang dilaksanakan secara bergantian pada masjid masjid di Kabupaten kendal. (ew/bel/rf)