Penyuluh Agama Islam Bersinergi Dengan TP PKK Lakukan Penyuluhan

Wonogiri – Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) KUA Kec. Baturetno Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Nurul Zuliawati bersinergi Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kecamatan melakukan kegiatan penyuluhan dan pendampingannya ke desa dan kelurahan.

Di lapangan Nurul bergabung dengan dengan pengurus TP PKK kecamatan keluar masuk desa memberikan pembinaan mental kepada kaum ibu, utamnya masalah-masalah pernikahan dan masalah agama lainnya. Di masyarakat TP PKK memiliki peran penting, strategis dan nyata dalam menyejahterakan keluarga, karenanya perlu ada arah baru dalam merevitalisasi program sebagai mitra pemerintah dalam membangun keluarga sejahtera.

Di samping itu, untuk lebih meningkatkan fungsi dan peran kaum ibu, dapat dilakukan upaya-upaya peningkatan kemampuan diri sesuai tuntutan kebutuhan, baik terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun dalam kemampuan mendidik dan membimbing anak-anak yang didasari nilai-nilai etika, moral dan ajaran agama agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus yang dapat diandalkan.

Sejak dulu sampai saat ini, organisasi PKK sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat dengan kaum perempuan sebagai motor penggeraknya, berusaha mengakomodir peranan pokok kaum perempuan. Peranan pokok tersebut, di antaranya untuk menciptakan keluarga yang aman, tenteram dan harmonis, membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga, serta membantu memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Begitu juga Penyuluh Agama Islam Kemenag mempunyai tugas dan fungsi membimbing umat agar bertakwa kepada Allah SWT dan menjabarkan semua aspek pembangunan mental spiritual kepada masyarakat melalui jalur agama.

Menanggapi hal tersebut Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri, Hidayat Maskur,  Senin (02/04) menyampaikan bahwa para penyuluh itu berada di garda terdepan pembinaan umat, mereka perlu diberikan bimbingan dan pengetahuan agar kualitas mereka selalu meningkat termasuk bersinergis dengan stokholder di daerah termasuk di dalamnya TP PKK.

“Penyuluh agama harus lebih aktif  dan kreatif jangan stagnan dalam berdakwah, termasuk masuk keberbagai lingkungan masyarakat termasuk perkumpulan RT RW di daerah, tetapi tetap di landasi ikhlas beramal,” imbuhnya

Selanjutnya, peran penting seorang penyuluh sebagai pembimbing umat dalam rangka pembinaan mental, moral dan ketakwaan serta penerang segala aspek pembangunan melalui bahasa agama. Apalagi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini maka peran dan fungsi penyuluh agama Islam sangat besar dalam rangka membentuk masyarakat yang berkualitas, beriman dan bertakwa sesuai visi dan misi Kemenag. (Mursyid__Her/Wul)