Penyuluh Bagi-Bagi Sembako kepada Warga Tak Mampu

Rembang – Masa pandemi berdampak negatif bagi sebagian warga. Utamanya yang dalam kondisi kekurangan. Prihatin akan hal ini, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Rembang membagikan sembako  kepada kaum dhuafa ini.

Bagi-bagi sembako ini terprogram dalam Semarak Ramadan yang digelar oleh Kankemenag Kabupaten Rembang. Amal FKPAI ini dilaksanakan selama tiga kali selama Ramadan. Kamis (5/5/2021) merupakan kegiatan yang ketiga kalinya yang diselenggarakan di KUA kecamatan Bulu.

Panitia kegiatan, Khiyarun Niam mengatakan, penyelengga kegiatan terdiri atas lima KUA kecamatan, yaitu KUA Rembang, KUA Sulang, KUA Bulu, KUA Kaliori dan KUA Sumber. Adapun dana bantuan bersumber dari hasil infaq PAI honorer di lima KUA tersebut. “Penyuluh non PNS menghimpun dana dan ditasarufkan kepada para kaum dhuafa di lima kecamatan itu,” kata Khiyarun Niam saat diwawancara usai acara.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako dan uang tunai. Sasarannya  ada 10 warga tak mampu dari lima Kecamatan. ‘Ada dua warga tak mampu dari masing-masing kecamatan yang menjadi sasaran bantuan,” kata Niam.

Karena masih pandemi, bantuan tidak diberikan pada saat acara di KUA Bulu. Namun diberikan oleh Penyuluh langsung di rumah warga. Ketika menerima bantuan, wajah sumringah warga sangat jelas terlihat. “Mereka menyampaikan terima kasih atas sedikit bantuan dari kami. Ya rata-rata memang warga miskin. Rumahnya saja sangat sederhana,” kata Niam.

Dalam pelaksanaan acara, diadakan khotmil quran oleh Penyuluh. Dilanjutkan dengan arahan dari jajaran KUA Bulu dan tausiyah keagamaan dari Khiyarun Ni’am. — iq