Penyuluh Dampingi Siswi SMP 1 Pancur Gelar Istighosah

Rembang – Proposal penyuluhan Agama Islam di sejumlah sekolah umum mendapat sambutan baik.  Jumat (20/4), ratusan siswa-siswi SMP Negeri Pancur mengadakan istighosah. Kegiatan ini dipandu langsung oleh penyuluh Agama Islam Kankemenag Rembang yang juga pengurus LP2A, Muthmainnah.

Istighosah tersebut diadakan menjelang pelaksanaan Ujian Nasional yang akan berlangsung mulai Senin depan. Ratusan siswa dengan khusyuk melantunkan zikir yang materinya sudah disiapkan oleh penyuluh.

Siswa-siswi tersebut berharap, dengan istighosah ini, UN yang akan berlangsung Senin (23/4) ini akan berjalan dengan lancar. Sebagaimana yang dikemukakan oleh salah satu siswa, sebut saja Rini. “Pelaksanaan UN membuat perasaan deg-degan. Semoga dengan istighosah ini, kami lebih tenang mengerjakan soal-soalnya,” ujarnya.

Selain membaca istighosah, di hadapan 201 siswa kelas IX, Muthmainnah juga memberikan motivasi. Muthmainnah menyeru kepada para siswa untuk berusaha dan berdoa.

“Menjelang UN ini, kita harus bertawakkal kepada Allah. Tawakkal itu bentuknya berusaha  dengan belajar sungguh-sungguh. Kemudian didukung oleh doa agar mendapatkan hasil yang maksimal,” kata Muthmainnah.

Selain itu, Muth juga berpesan kepada siswa-siswi agar tak lupa meminta restu dari orang tua dan guru. “Doa dari orang tua dan guru kita adalah obat mujarab di saat kita mengalami peristiwa yang penting, seperti UN ini,” kata Muthmainnah.

Sebagaimana diberitakan, penyuluhan di sekolah umum adalah program baru Kementerian Agama bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Agama Islam (LP2A). Kegiatan ini beriringan dengan penyuluhan masyarakat di bidang kesehatan, yaitu kepada pasien rawat inap di Puskesmas. — ss/bd