Penyusunan Anggaran Tahun 2022 Dukung System Pemerintah Berbasis Elektronik

Semarang (Humas) – Kabag TU Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Fajar Adhy Nugroho menyampaikan tujuan Rapat Koordinasi Penyusunan Anggaran Tahun 2022.

“Perencanaan tahun 2022 harus lebih baik, maka perlu kita sama-sama siapkan menyesuaikan kebutuhan kerja terkait sarana dan prasarana, tentu dengan skala prioritas,” demikian ungkap Kabag TU menyampaikan sambutannya, Jum’at, (3/9) di Ruang Rapat PTSP.

Kabag TU yang didampingi oleh Sub Koordinator Subbag Perencanaan, Data dan Informasi, Ahmad Faridi juga menjelaskan bahwa perencanaan kebutuhan kerja terkait sarana dan prasarana ini penting untuk dapat mendukung pelayanan kepada publik.

“Mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, efisien, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya perlu menggunakan system pemerintah berbasis elektronik,” jelas Kabag TU bagaimana perencanaan anggaran berpengaruh pada kinerja dan pelayanan.

Dalam rapat yang dihadiri para Kasubbag dan Sub Koordinator serta JFU, dan JFT para pengelola anggaran pada Bagian Tata Usaha tersebut juga membahas dan mengevaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2021 yang harapannya pelaksanaan anggaran tahun ini berjalan dengan efisien dan efektif.

Faridi memimpin diskusi efesiensi dan efektivitas pelaksanaan anggaran tahun ini, dimana kekurangan dan kelebihan yang dapat digeser supaya keterbatasn anggaran tetap dapat mendukung tugas dan fungsi Bagian Tata Usaha terutama pada operasional perkantoran.

“Mana anggaran yang kira-kira tidak dapat terealisasi dengan maksimal, dan mana anggaran yang kurang untuk operasional dengan data dukung Rencana Anggaran Belanja (RAB), kami mohon datanya disampaikan pada Subbag Perencanaan Data dan Informasi,” pinta Faridi.

Lebih lanjut Faridi menyampaikan bahwa Pengembangan system pemerintah berbasis elektronik sedang gencarnya diimplementasikan, dan dalam kesempatan ini Faridi sengaja mengundang Tim IT Kanwil Kemenag Prov. Jateng dari Setup Indonesia, Akira. Kehadiran Akira menjelaskan progress pengembangan layanan internal maupun eksternal terkait aplikasi absensi, cuti, dan website.

Dalam pelaksanaan anggaran hendaknya saling mengingatkan, bersinergi dengan semangat kebersamaan menghadapi persoalan serta mencari solusi agar semua dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan. (qq)