Peran Aktif Madrasah dalam Giat Kepramukaan

Temanggung – Kontingen Putri MI Maarif 2  Batursari Kecamatan Candiroto dan Kontingen  Putra MI Muhamadiyah Bejen Kecamatan. Bejen maju ke Pesta Siaga tingkat Kabupaten Temanggung. Kedua MI tersebut berhasil mengalahkan kontingen dari SD dan MI yang lain dalam seleksi pesta siaga di tingkat kecamatan. Dalam pelaksanaan seleksi Tingkat Kecamatan Candiroto dibuka oleh Kepala UPT Kecamatan setempat Taryana, Sabtu (02/03).

Taryana menjelaskan, seleksi pesta siaga  dilaksanakan setiap tahun berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan tingkat Propinsi.

“Pesta siaga bertujuan untuk melatih siswa-siswi SD/MI berjiwa mandiri, bertanggungjawab, berani, terampil dan berakhlakul karimah,” ungkap Taryana dihadapan peserta pembukaan pesta siaga di lapangan Candiroto.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan pesta siaga juga bertujuan memberikan motivasi pada siswa untuk terbiasa berkarakter baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Dalam kegiatan tersebut hadir Plt Camat Candiroto, Kepala UPT Dindikpora Kecamatan Candiroto, Kapolsek Kecamatan Candiroto, Komandan Koramil Kecamatan Candiroto, Puskesamas Kecamatan Candiroto, pengawas madrasah Kecamatan Candiroto dan semua Kepala SD dan MI.

Sementara itu Isman selaku ketua panitia seleksi pesta siaga juga menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan mencari sekolah terbaik untuk mewakili Temanggung lomba di tingkat provinsi, katanya. Selain itu pesta siaga juga bertujuan meningkatkan kemampuan personal dan akhlakul karimah diharapkan generasi penerus semakin siap menghadapi kemajuan jaman utamanya dalam pendidikan.

Dalam kegiatan pesta siaga yang melibatkan juri diambil dari semua wakil dari lembaga pendidikan SD/MI di Kecamatan Candiroto dan dari tingkat Kwarcab. Ditempat yang sama Sahro Istakhori pengawas madrasah Kecamatan Candiroto mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut berjalan lancar.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan antusias masyarakat luar biasa”, ungkapnya.

Sahro Istakhori yang juga dewan hakim menyampaikan hasil pesta siaga yaitu : untuk kategori Pa tergiat 1 SDN 1 Candiroto, tergiat 2 MI Maarif 2 Batursari, tergiat 3 MI Maarif Bantir sedang kategori Pi tergiat 1 MI Maarif 2 Batursari, tergiat 2 MI Maarif Bantir, tergiat 3 MI Alhuda Gunungpayung, pungksnya. (nm/gt)