Peran Kemenag dalam Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia

Purworejo – Forum Konsultasi Publik dan Pembukaan Masa Musrenbang Kabupaten Purworejo Tahun 2019 dilaksanakan di Ruang Arahiwang Setda Kabupaten Purworejo, (28/1), kegiatan  dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Purworejo, Kepala Bappeda Jawa Tengah, Perangkat Daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan LSM.

Bupati Purworejo Agus Bastian. mengajak semua pihak untuk memacu pembangunan daerah kita di Kabupaten Purworejo dengan bekerja lebih cepat dan inovatif di tahun 2020. Apalagi dengan hadirnya bandara baru Kulon Progo yang diperkirakan sudah mulai beroperasi tahun 2019 diharapkan dapat menjadi magnet pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya termasuk Purworejo.

“Pembukaan Musrenbang ini menjadi awal dari serangkaian proses perencanaan pembangunan daerah tahun 2020 selama dua bulan kedepan, Untuk itu masyarakat, stakeholders dan semua pihak, diharapkan dapat menyampaikan aspirasi dalam berbagai forum perencanaan yang akan diselenggarakan,” kata Bupati.

Turut hadir sebagai tamu undangan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo H. Bambang Sucipto. Menurut Bambang, kegiatan ini penting untuk mengetahui sedini mungkin program pemerintah dan langsung dapat disosialisasikan kepada masyarakat sehingga nantinya tercipta keselarasan antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan.

Bambang juga menyoroti peran Kemenag dalam pembangunan di Kabupaten Purworejo. “Bupati tadi menyampaikan bahwa sasaran makro pembangunan daerah Kabupaten Purworejo tahun 2020 yaitu selain meningkatnya pertumbuhan ekonomi juga meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia. Nah, di sinilah peran Kemenag dalam membangun akhlak masyarakat sehingga Indeks Pembangunan Manusia ini nantinya tidak hanya meningkat secara fisik namun juga spiritual,” terang Bambang di akhir acara. (sgy/bud/bd)