Peran KUA sangat Vital, Ajak Masyarakat Mencintai KUA

Boyolali – Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai salah satu kepanjangan tangan Kementerian Agama di tingkat kecamatan mempunyai peran yang sangat vital di masyarakat. Baik itu terkait pelayanan informasi, pelayanan keagamaan maupun pelayanan nikah. Peran yang sangat vital ini tidak diimbangi dengan kecintaan masyarakat pada KUA.

“Mari, ajak masyarakat mencintai KUA.” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Nurudin pada Rakor Kepala KUA se Kabupaten Boyolali. Rapat koordinasi Kepala KUA se Kabupaten Boyolali bertempat di Kedai Padmo Kemiri, Boyolali. (Senin, 3/4)

Salah satu peran KUA yang sangat penting adalah terkait penerbitan dokumen pernikahan. Tidak ada instansi lain yang dapat menerbitkan dokumen pernikahan selain KUA. Bahkan kantor kecamatan sekalipun tidak mempunyai wewenang sebesar KUA dalam hal pencatatan dokumen pernikahan. Hal inilah yang menjadikan KUA mempunyai nilai tambah diantara instansi instansi lain pada tingkat kecamatan.

Disamping hal tersebut, banyak masyarakat yang menjadikan KUA sebagai tempat rujukan ketika ada permasalahan yang menyangkut agama maupun kehidupan beragama. KUA sebagai salah satu satuan kerja yang ada di Kementerian Agama salah satu tugas pokoknya adalah memberikan pelayanan terkait agama dan kehidupan beragama di masyarakat. Melalui penyuluh agama islam, KUA senantiasa memberikan penyuluhan kepada jamaah binaan yang ada di lingkup kecamatan.

Selanjutnya, Nuruddin juga menyarankan agar pegawai yang ada di KUA khususnya kepala KUA agar berpakaian dengan sebaik baiknya dan mengenakan atribut pegawai negeri di lingkungan kementerian agama.

Diharapkan dengan berpakaian yang baik dan mengenakan atribut, dapat mendongkrak performa KUA dihadapan instansi setingkat. Sehingga marwah KUA dapat sejajar dengan instansi lain yang setingkat dan menjadi kebanggan kementerian agama.

Mengingat bergitu besar peran KUA yang telah disebutkan diatas, nuruddin menghimbau kepada seluruh pegawai yang ada di KUA se Kabupaten Boyolali untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Mulai memperbaiki apa yang menjadi kekurangan pada tiap tiap KUA yang ada di Kabupaten Boyolali.

“”Dengan meningkatnya kualitas pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan, otomatis masyarakat merasa terbantu dengan adanya KUA sehingga lambat laun masyarakat akan mencintai KUA.” pungkasnya.(jaim/wul)

Rapat koordinasi kepala KUA se kabupaten boyolali tersebut berlangsung pada hari senin (03/04) bertempat di kedai padmo kemiri boyolali. diikuti oleh seluruh kepala KUA dan penghulu di kabupaten boyolali. (jaim/wul)