Peran Penting Agama dalam Membentuk Keluarga yang Baik

Demak – Agama memiliki peran yang penting dalam membentuk keluarga yang baik. Demikian kata Kepala Kemenag Demak, Ahmad Muhtadi, dalam suatu pemaparan ketika dirinya menjadi narasumber pada kegiatan “Pembinaan Keluarga Sakinah kepada Calon Pengantin” di Hotel Amantis Demak, Rabu (10/11/2021).

Pagi itu puluhan pemuda putra dan putri nampak hadir memenuhi tempat duduk yang tersedia di ruang pertemuan Hotel Amantis Demak tempat diselenggarakannya kegiatan pembinaan keluarga sakinah bagi calon pengantin. Mereka adalah para calon pengantin yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Demak. Selain mereka nampak pula para tamu undangan, diantaranya Kepala Dinas P2PA, Kepala Kesbangpolinmas, Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Kasi Bimas Islam dan para Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Demak.

Sebagaimana yang disampaikan ketua penyelenggara, Zulaifah, bahwa kegiatan itu diselenggarakan oleh Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Kabupaten Demak selama sehari. Adapun tema yang diangkat “Pembinaan Pra Nikah dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawadah Wa Rahmah”.

“Kami berharap, usai mengikuti kegiatan ini para peserta terutama para calon pengantin, mendapatkan bekal berupa ilmu dan wawasan seputar kerumahtanggaan sehingga nantinya mereka mampu membentuk sebuah keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah,” harapnya dalam laporan.

Ada tiga orang narasumber yang dihadirkan panitia untuk mengisi kegiatan hari itu. Salah satunya Kepala Kemenag Demak, Ahmad Muhtadi. Adapun dua nara sumber lainnya adalah Ketua Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Jateng, Munawaroh Nurhadi dan Ketua Pengadilan Agama Kelas I.B Demak, Muhammad Hanafi.

Ahmad Muhtadi sendiri berkesempatan menyampaikan meterinya usai melaksanakan dua tugas sebelumnya, yaitu sebagai pembaca doa pada kegiatan upacara Peringatan Hari  Pahlawan di halam Setda Kabupaten Demak dan narasumber pada kegiatan Program Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Gedung Diklat Ma’arif NU Demak.

Dalam paparannya ia menyampaikan materi tentang peran agama dalam mewujudkan keluarga sakinah, mawadah wa rahmah. Tak kurang 19 slide materi yang ia sampaikan, salah satunya tentang peran agama dalam keluarga.

Menurutnya agama memiliki peran penting dalam sebuah keluarga. Perannya sangat besar dalam pembentukan kepribadian bagi anak-anak. Bahwa proses pembinaan nilai-nilai agama sejak dini hingga dewasa, akan menghindarkan anak-anak dari pelanggaran-pelanggaran moral, jelasnya.

Mungkin dirasa menjadi hal penting bagi para peserta, sehingga tak satupun para calon pengantin yang hadir berpasangan itu beranjak dari tempat duduknya hingga usai acara. Akhirnya rangkaian kegiatan pada hari itupun berakhir dengan sesi tanya jawab.