Peran Penting Umat Islam dalam Menjaga Kerukunan

Pemalang – Kegiatan safari sholat Jumat yang dilaksanakan oleh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang kali ini diselenggarakan di Masjid Darussalam Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami, Jumat (21/9).

Kegiatan dipimpin oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman. Dia hadir bersama Kasi Pendidikan Agama Islam, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kepala KUA Kecamatan Ulujami dan jajarannya. Danramil Ulujami bersama jajarannya dan jajaran Polsek Ulujami turut mengikuti kegiatan safari sholat Jumat.
Selesai sholat Jumat, Kepala Kankemenag dalam sambutannya mengajak umat Islam untuk bersatu dan menjaga kerukunan.

“Umat Islam di Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia, bukan di Arab Saudi, bukan di Yaman. Dari banyaknya umat Islam yang ada di Indonesia, terdiri dari berbagai cabang organisasi, bukan hanya NU dan Muhammadiyah. Namun demikian, perbedaan yang ada diharapkan bisa memperkokoh persatuan umat Islam yang pada akhirnya akan menjaga keutuhan NKRI,” tutur Taufik.

Umat Islam harus bekerjasama dengan aparatur pemerintah untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kerukunan. Karena aparat keamanan tidak mungkin bisa menjaganya tanpa bantuan dari umat Islam dan masyarakat.

“Kerukunan ini patut kita bangun bersama. Kita bangun masyarakat kita bersama, di bidang agama, ekonomi, dan sebagainya,” lanjut Taufik.

Dalam kesempatan ini, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag bersama BAZNAS Kabupaten Pemalang menyerahkan bantuan zakat profesi untuk masyarakat Desa Pesantren dan Kecamatan Ulujami. Penyerahan zakat dilakukan sesuai sambutan Kepala Kankemenag.

Zakat yang diserahkan senilai Rp17 juta. Kepala Kankemenag bersama pimpinan BAZNAS dan Muspika menyerahkan bantuan kepada Takmir Masjid Darussalam, guru TPQ, guru madrasah diniyah, dan fakir miskin. Masjid Darussalam diberikan bantuan uang tunai senilai Rp2 juta dan satu mushaf Al-Quran yang telah selesai dibaca oleh jajaran Kankemenag. Dan 60 orang lainnya masing-masing menerima uang tunai Rp250 ribu. (fi/rf)