Percaya Diri dan Optimis, Merupakan Modal Utama Dalam Ajang KSM

Tegal – Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan sains di madrasah serta upaya menumbuhkembangkan budaya belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, maka perlu diadakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018 tingkat Kota Tegal, seperti yang di sampaikan KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan pada acara pelepasan Kontingen KSM, Selasa (24/07) di Aula Kantor Kemenag Kota Tegal

Setelah melakukan beberapa seleksi untuk KSM tingkat Kota Tegal, maka diambilah nama-nama yang dianggap cakap untuk mewakili kontingen Kota Tegal sebagai peserta Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ujar Farkhan sebelum pelepasan.

Secara singkat Farkhan menggambarkan, terdapat banyak harapan dari kontingen KSM Kota Tegal untuk bisa meraih prestasi yang gemilang, hal tersebut diungkapkan tentu dengan catatan, semua peserta kontingen harus memiliki modal percaya diri dan optimis dalam setiap usahanya.

Selain itu, Beliau berpesan setiap mata lomba yang diikuti harus dipersiapkan dengan matang diiringi dengan banyak memohon kepada Allah SWT melalui berwudhu, hal tersebut dilakukan agar kita tetap dalam keadaan bersuci sekaligus dilanjut dengan sholat 2 rakaat sebagai bentuk ikhtiar kita sebagai seorang hamba,” pesanya.

Sementara itu sesuai keputusan kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Nomor : 109 tanggal 20 Juli tahun 2018 tentang Panitia Penyelenggara, Pendamping dan Peserta Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Kota Tegal untuk tingkat Propinsi Jawa Tengah ada 19 peserta/siswa.

Nama-nama tersebut adalah Afria Ruhaima, Aiwa Rahmat Ginanjar dan Nurul Faizah, ketiganya mewakili Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Aulia Amalia Sholeha serta Wahyu setiawan mewakili Madrasah Aliyah Negeri (MAN) untuk mengikuti mata lomba matematika terintegrasi.  

Kemudian Hilmi Wildan, Alivia Shofiani mewakili MI dan Mauliyya Milka Idaalah mewakili MTs N untuk mengikuti mata lomba IPA terintegrasi, sedangkan Siti Selfia Anggraeni dan Elsa Ziyadaturrisqi mewakili MAN untuk mengikuti mata lomba Fisika.

Sementara Wahyuningsih Norma Fitriana dan Ainiyah Fatin mewakili MAN untuk mengikuti mata lomba Biologi. Sarifatul Laela dan Windi Ayu Lestari mewakili MAN untuk mengikuti mata lomba Kimia serta Wilda Vini Alfiyah dan Herma Ningrum mewakili MAN untuk mengikuti mata lomba Geografi.

Selain nama diatas terdapat 3 peserta lagi yang mengikuti mata lomba yang berbeda, yaitu Lukmanul Hakim yang mewakili MTs Assalafiayah untuk mengikuti mata lomba IPS Terintegrasi serta Nida Aurahmah dan Windi Afifa yang keduanya mewakili MAN Kota Tegal untuk mengikuti mata lomba Ekonomi.

Diakhir sambutanya saat detik-detik pelepasan, beliau mengucapkan terimakasih kepada para pembimbing yang begitu tekun mengajari siswanya, sekaligus mengeluarkan yel-yel yang diawali dengan ucapan “bismillahirrahmanirrahim, saya bisa jadi juara” serunya dan diikuti semua peserta. (IM/rf)