Peringati HAB, ASN Kemenag Ziarahi Makam Sesepuh

Kendal – Jelang peringatan Hari Amal Bakti (HAB) jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal gelar berbagai rangkaian kegiatan sambut hari jadi ke-73 Kementerian Agama. HAB yang diperingati setiap tanggal 3 Januari tahun ini mengangkat tema Jaga Kebersamaan Umat. Dengan tagline yang digunakan masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu Bersih Melayani.

Guna mengenang jasa dan pengabdian para tokoh Kementerian Agama yang telah berpulang, Rabu 2 Januari 2019 segenap jajaran aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melaksanakan ziarah ke makam para tokoh, yakni makam Mantan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Masyhudi, MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal yang pertama KH. Abdul Hamid dan Prof. Qodri Azizi Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama yang sebelumnya menjabat sebagai Rektor IAIN Walisongo Semarang serta terakhir menjabat sebagai Inspektur Jenderal Departemen Agama.

Harapannya diusia ke-73 ini Kementerian Agama dapat mengemban amanah dengan lebih baik lagi serta tidak melupakan pengabdian para tokoh terdahulu, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal usai napak tilas tokoh Kementerian Agama.

“Pencapaian diusia ke-73 ini tentunya tidak lepas dari jasa para tokoh yang berperan di kementerian agama, jadi kita sebagai generasi penerus sepatutnya berterimakasih atas jasa mereka,”  terang Saerozi.  

Ditambahkan,  dengan ziarah dan silaturahmi dengan keluarga para sesepuh, ASN Kemenag ingin mendengar secara langsung bagaimana dulu almarhum bertindak sehingga kebersamaan umat pada zaman itu bisa terjaga.

“Kita ingin belajar cara untuk menjaga persatuan dan kebersamaan umat dalam rangka membangun Indonesia sebagaimana telah dilaksanakan oleh para pendahulu,” imbuhnya

Seperti tahun tahun sebelumnya, ziarah ke makam para tokoh ini telah rutin diagendakan. Hal ini pun ditanggapi positif oleh Agus Soleh salah satu perwakilan keluarga Prof. Qodri Azizi.

“Atas nama keluarga besar saya mengucapkan terima kasih karena beliau Bapak Prof. Qodri Azizi masih dikenang. Dan semoga semangatnya bisa terus menginspirasi generasi selanjutnya,” ungkap Agus Soleh. (ja/bel/gt)