Peringati HAB ke-72 dengan Donor Darah

Purwokerto – Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Ke-72 Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas menggelar donor darah bekerja sama dengan PMI Sokaraja, di Aula Al Ikhlas, Senin (08/01/17).

Ketua Panitia HAB, Afifudin Idrus mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangkaian memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama. Dari data yang diperoleh, untuk pelaksanaan tahun lalu tercapai 54 pendonor.

“Partisipasan pendonor tahun ini meningkat dibadingkan tahun tahun sebelumnya, karena Pendonor tidak hanya dari Pegawai aktif di lingkungan Kemenag saja tetapi juga dari pensiunan dan dari keluarga pegawai di sekitar Kantor Kemenag,” katanya.

Menurut petugas PMI, syarat-syarat untuk memenuhi kriteria sebagai pendonor pun cukup mudah, pendonor tersebut minimal berusia 17 tahun baik laki-laki dan perempuan dan maksimal 60 tahun, dan melakukan serangkaian tes pengecekan darah seperti tensi, dan pengukuran kadar Hemoglobin (Hb) dalam darah.

”Kegiatan donor darah ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti, menjaga kebugaran tubuh hingga menurunkan resiko terkena penyakit stroke dan jantung,” terang petugas.

Salah seorang pendonor Sarno, petugas keamanan MAN Sumpiuh berharap kegiatan donor darah secara suka rela tersebut dapat terus diselenggarakan. “Saya berharap kegiatan donor darah ini terus digelar, karena banyak manfaatnya, terutama dalam memupuk kepedulian kita terhadap sesama,”harapnya.

Walau ditolak donornya oleh petugas karena kadar Hb yang terlalu tinggi, Sarno yang mengaku rutin mendonorkan darahnya ini, berniat untuk melakukan donor darah pada kesempatan yang akan datang.(hk/bd)