Peringati Maulid Nabi dengan Serangkaian Kegiatan

Banyumas – Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H. Acara yang berlangsung selama dua hari ini meliputi kegiatan pengajian dan kegiatan aneka cabang lomba antar siswa SMP/MTs di wilayah Eks Kawedanan Sumpiuh meliputi Kecamatan Tambak, Sumpiuh, dan Kemranjen.

Hari pertama Selasa (13/12), diisi kegiatan pengajian dengan serangkaian acara : simakan Al Qur’an dan siraman rohani yang disampaikan oleh KH. Khamid, M.Ag dari Kebumen.

Disampaikan bahwa sebagai umat Islam sangatlah penting untuk menjaga akhlakul karimah dengan berpegang teguh pada ajaran Al Qur’an dan Hadits. Peringatan Maulid Nabi adalah momentum untuk mengenang dan meneladani akhlak Rasulullah SAW. Sebagai generasi masa kini yang hidup dalam abad serba modern, kita senantiasa dituntut untuk bisa menjaga akidah, akhlak dan ajaran agama Islam.

Pada hari kedua Rabu (14/12) diselenggarakan kegiatan kompetisi/lomba antar siswa SMP/MTs se eks Kawedanan Sumpiuh yang diikuti oleh 12 SMP dan MTs. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 126 siswa. Peserta lomba memang dibatasi untuk tiap-tiap sekolah/madrasah mengingat waktu pelaksanaan yang hanya berlangsung satu hari. Adapun cabang yang dilombakan meliputi : Tenis Meja Putra/Putri, MTQ Putra/Putri, Kaligrafi, Lomba Mapel IPA, Lomba Mapel IPS, dan Lomba Mapel Matematika.

Kepala MAN Sumpiuh Affandie mengungkapkan bahwa disamping menumbuhkan bibit-bibit prestasi dikalangan para siswa-siswi madrasah, sekaligus sebagai media promosi madrasah kepada masyarakat.

“Kegiatan lomba yang diikuti oleh para siswa SMP/MTs ini dimaksudkan agar tumbuh bibit-bibit siswa yang memiliki kemampuan dan prestasi lebih, disamping itu untuk lebih mengenalkan Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh, sehingga diharapkan animo terhadap madrasah ini semakin meningkat,” kata Kepala MAN Sumpiuh Affandie saat dikonfirmasi usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang, (Rabu (14/12).

Selanjutnya kepada para pemenag dalam kegiatan tersebut masing-masing pemenang diberikan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Dengan penghargaan tersebut para siswa diharapkan mampu meningkatkan prestasi dan bakat yang dimilikinya. (patiman/gt)