Peringati Maulud Nabi Muhammad SAW, MA Muhammadiyah Limpung Gelar Lomba Antar Kelas

* Para Juara MA.Muhammadiyah Limpung menerima bingkisan dari panitia peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW.

Batang – Tanggal 12 Rabiul Awal merupakan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia, tradisi memperingati hari tersebut biasa disebut Maulid Nabi atau Muludan, dan tahun ini peringatan tersebut jatuh pada Selasa ( 19/10) yang lalu. MA Muhammadiyah Limpung memperingati hari itu dengan mengadakan kegiatan lomba kebersihan dan majalah dinding, video kreatif, cerdas cermat Islam dan kemuhammadiyahan, serta yel-yel dan jargon kelas. Kegiatan lomba tersebut diadakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara itu mengambil tema Merefleksikan Figur Intelektual Rasulullah SAW di Era Pandemi. Selain bertujuan untuk meneladani akhlak dan intelektual Nabi, acara itu juga bertujuan untuk menjaring siswa-siswi yang punya potensi dan bakat dengan harapan madrasah bisa mengantarkan siswa-siswi menuju ajang perlombaan yang lebih bergengsi.

Kepala MA Muhammadiyah Limpung, Ahyaudin dalam keteranganya mengatakan bahwa peringatan maulid Nabi ini mengimitasikan Rasulullah yaitu sifat fatonah. Salah satu sifat yang melekat pada diri Rasulullah itu masih sangat relevan untuk dicontoh oleh para siswa.

“Sungguh telah ada pada diri Rasul adalah uswatun khasanah, untuk itu pada moment ini kita hadirkan Rasulullah di tengah-tengah kita bukan secara fisik tetapi secara kesungguhan, semangat, keikhlasan dan kebersamaan, oleh karena itu, rangkaian acara maulid Nabi ini kita mencoba meniru beliau salah satunya yaitu sifat fatonah,” kata Ahyaudin.

Dia juga menegaskan selain itu, kegiatan maulid Nabi juga sebagai evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang selama ini telah mereka ikut. Apa yang mereka dapatkan dalam proses pendidikan ini akan dapat tergambar dalam rangkaian lomba yang digelar .

“Acara ini memang dirancang agar kita cerdas, ada kecerdasan secara pengetahuan, emosional, sosial, maka kita gabung rangkaian acara ini yaitu kebersihan kelas, ini merupakan unsur kecerdasan bagaimana mengatur teman-teman untuk menjadikan kelas itu indah, apalagi tadi ada lomba yel-yel harus ada kecerdasan sosial,” tegasnya.

* Kepala MA.Muhammadiyah Limpung memberikan tropi pada perwakilan kelas yang berprestasi pada momen peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW

Sementara itu waka kurikulum Muniroch, mengatakan peringatan maulid ini merupakan salah satu agenda rutin setiap tahun di MA Muhammadiyah Limpung. Setiap tahun selalu berganti model dan cara memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW.

“ Kegiatan kali ini diharapkan menjadikan momentum sekaligus memotivasi siswa siswi untuk mengetahui dan mengenang perjuangan serta meneladani kepribadian dan intelektual Rasulullah SAW,” sambung Muniroch.

Dalam rangkaian lomba yang telah diikuti oleh seluruh kelas itu diperoleh para juara lomba untuk masing-masing cabang. Juara 1, 2, dan 3 secara berurutan untuk lomba cerdas cermat ISMU: kelas XI IPS, kelas XII IPS, dan X MIPA. Juara 1, 2, dan 3 untuk lomba yel-yel dan jargon kelas: kelas XII MIPA, kelas XII IPS, dan kelas XI IPS. Juara 1, 2, dan 3 untuk lomba kebersihan dan mading kelas: kelas XII MIPA, kelas XI MIPA,dan kelas XII IPS. Sedangkan juara 1, 2, dan 3 untuk lomba video kreatif: kelas XII MIPA, kelas XI MIPA, dan kelas XII IPS. Selanjutnya, juara umum diraih oleh kelas XII MIPA. (Hana Rizayanti / Zy)