Peringati Nuzulul Qur’an, Haryanto Ajak Umat Bermuhasabah

Pati – Pemkab Pati menyelenggarakan peringatan Nuzulul Qur’an di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (12/06). Kegiatan dengan tema “Al-Qur’an sebagai petunjuk dan rahmatal lil alamin ini dihadiri oleh Bupati bersama Forkompimda Kabupaten Pati, Kepala Kankemenag Kabupaten Pati bersama jajarannya, Kapolres Pati, Ketua Pengadilan Negeri Pati, Ketua ormas keagamaan se-Kab. Pati dan ASN pemkab Pati, dengan menghadirkan KH. Ahmad Syafrodin dari Rembang sebagai pembicara.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pati Haryanto yang juga merupakan Calon Bupati terpilih periode 2017-2022 menyampaikan perlunya umat untuk selalu bermuhasabah. “Apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, umat harus selalu bermuhasabah dengan mengingat-ingat kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan, baik yang sengaja maupun tidak disengaja. Dengan seperti itu kita akan lebih mudah untuk berevaluasi selanjutnya melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Insya Allah melalui upaya yang sungguh-sungguh ini akan terbuka pintu-pintu keberkahan”, tutur Haryanto.

Pada acara peringatan yang juga bertepatan dengan hari ke-18 Ramadhan itu, Haryanto menginformasikan bahwa selain tarawih keliling (tarling) di OPD-OPD, juga dilakukan tarling di wilayah-wilayah kecamatan. “Disamping untuk beribadah dan menjalin silaturrahim, tarling di wilayah juga dimaksudkan  untuk mengetahui sekaligus menyerap kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang dimungkinkan masih tercecer. DI kesempatan itu pula kepala-kepala OPD yang ikut serta akan langsung memberikan jawaban-jawaban secara teknis sesuai dengan keterkaitan tupoksi dengan permasalahan yang dihadapi oleh warga”, jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Haryanto,  lewat tarling akan terbangun keselarasan dalam proses pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta pelayanan publik. (Mk/Athi’/bd)