Perkokoh Kesadaran Berbangsa, Kemenag Pati Gelar Penghormatan Bendera dan Doa

Pati – Sebuah tradisi baru dan berkelanjutan setiap tanggal 17, Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Pramubhakti Kantor Kementerian Agama Kab. Pati mengikuti penghormatan Bendera Merah Putih dan doa, dimana kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh institusi di bawah Jajaran Kementerian Agama pusat dan daerah.

Kegiatan apel pagi dalam rangka Penghormatan Benderah Merah Putih dan Doa Bersama di halaman Kantor Kemenag Pati, Jumat Pagi (17/09/2021) berlangsung dengan tertib, hidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Kepala Kemenag Pati, Ali Arifin selaku Pembina Apel dalam amanatnya menyebut bahwa Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa Bersama merupakan implementasi dari apa yang menjadi kerinduan hati  Menteri Agama RI sesuai dengan intruksi Menag Nomor 2 Tahun 2021 tentang penghormatan benderah Merah Putih dan Doa Bersama ini setiap tanggal 17 disetiap bulan di hari kerja.

“Pelaksanaan Apel pagi bersama yang jatuh setiap tanggal  17 (tujuh belas) tersebut biasanya dilaksanakan secara serentak dengan mengenakan seragam korpri, dan kini  harus menyesuaikan dengan Surat Edaran Menag No 12 Tahun 2021 tentang pakaian dinas harian Kemenag,” ucapnya.

Ali Arifin mengatakan upacara hari ini dilaksanakan sebagai evaluasi, introspeksi diri bagaimana cara kita memaknai tanggal 17 yang merupakan hari bersejarah Indonesia. 

Pada 17 Agustus Tahun 1945 disitu di proklamirkan kemerdekaan, jadi yang perlu dimaknai adalah kemerdekaan, harus bebas juga secara batin. Sejak tahun 1945 sudah kita rasakan kemerdekaan secara fisik dan terbebas dari penjajahan, namun sejatinya merdeka secara batin belum sepenuhnya. 

“Maka yang perlu kita perbaiki adalah moral dan karakter. Berkarakter kepada negara, agama, pendidik, terutama berkarakter kepada orang tua. Ketika ini kita lakukan dengan baik Insya Allah itulah makna kemerdekaan. Merdeka secara lahir dan batin,” terangnya

Dalam kesempatan tersebut KaKankemenag Pati tidak Lelah-lelahnya mengingatkan kepada seluruh karyawan/karyawati yang ada di lingkup Kemenag Pati bahwa saat ini masih suasana Pandemi Covid 19, sehingga untuk selalu tetap menerapkan Protokol Covid 19.

“Mudah-mudahan apel kita hari ini bermakna dan mendapat berkah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” tutupnya 

D’oa bersama diharapkan sebagai bentuk ucapan syukur dan penghormatan kita terhadap para pejuang dan pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia. (athi’mufida)