Perkuat Karakter Siswa, MAN Purbalingga Selenggarakan MPP

Purbalingga – Sebanyak 350 siswa MAN Purbalingga mengikuti kegiatan penggemblengan karakter dalam Masa Peralihan Penggalang (MPP) Evolusi Tahun 2017. Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Gugus Depan Gerakan Pramuka 01.709 / 01.710 setiap awal tahun pelajaran ini mendapat dukungan dari berbagai pihak khususnya Pengurus Kwarcab, Dewan Kerja Cabang (DKC), serta Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Purbalingga. Turut hadir pula memberikan dukungan para alumni yang masih aktif dalam kepanduan di perguruan tinggi, Utusan Perwakilan Dewan Ambalan SMA/SMK Negeri dan Swasta serta Utusan Madrasah Aliyah Swasta se-Kabupaten Purbalingga.

Upacara pembukaan yang dilaksanakan Kamis (20/07) dihadiri pula oleh Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, para Pembina Pramuka, Pembina OSIS dan para siswa MAN Purbalingga. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan MAN Purbalingga tersebut dijadwalkan selesai Sabtu (22/07) pukul 10.00 WIB.

Bertindak selaku Pembina Upacara Kepala MAN Purbalingga selaku Kamabigus, Suratno. Dalam sambutannya, ia menekankan agar para peserta memahami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai akhlak mulia.

“Nilai-nilai karakter yang dipampangkan di madrasah kita harus dihayati, diamalkan agar kita khususnya para siswa bisa menjadi generasi muda yang handal yang diharapkan dapat menjadi penerus cita-cita perjuangan para pendahulu kita, para pendiri negara ini, para pahlawan perintis kemerdekaan negeri ini. Termasuk para pahlawan Gerakan Kepanduan Kepramukaan. Nilai-nilai karakter yang mulia itu ada tercantum pula dalam Dasa Darma Pramuka,” tandas Suratno.

“Maka ikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan penuh penghayatan hingga akhir waktunya kegiatan ini selesai,” tambahnya.

Sekretaris Panitia Pelaksana Kegiatan (Steering Comitte), Harry Aditama yang juga Pembina Putra Ekstra Kurikuler Pramuka saat dihubungi disela-sela kesibukannya menjelaskan teknis kegiatan MPP tersebut. Panitia yang duduk dalam Panitia Pengarah (SC) terdiri dari unsur guru berjumlah 10 orang, sedangkan di Organizing Comitte (OC) dari unsur siswa kelas XI dan XII berjumlah 60 siswa. Peserta MPP seluruhnya siswa kelas X berjumlah 350 orang. Untuk Upacara pembukaan total 593 orang. Tema kegiatannya adalah “Progresivitas Otentik, Mental Pelurus Negeri”.

Kegiatan yang dilakukan secara garis besar meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik seperti pendirian tenda, upacara, dinamika kelompok, senam pagi, penjelajahan alam dan kebersihan lingkungan. Sedangkan kegiatan non fisik meliputi kegiatan keagamaan yaitu shalat fardhu, qiyamul lail, dan materi kerohanian termasuk nonton film.

Kegiatan tersebut juga sekaligus memberkikan Sosialisasi Gerakan Menabung dari Perbankan Syariah BPRS Buana Mitra Perwira, serta Sosialisasi dan Praktek Penanggulangan Bahaya Kebakaran dari Seksi Pemadam Kebakaran dan Kedaruratan Pemkab Purbalingga. Satu lagi yaitu Kegiatan Adiwiyata, yaitu Pendidikan Kepedulian terhadap Lingkungan. Direncanakan Sabtu besok, para peserta akan melakukan penanaman bibit tanaman secara serentak. (sar/gt)