Perpustakaan Daarul Ulum Raih Posisi Ketiga

Purbalingga – Perpustakaan MTs Negeri Bobotsari yang berdiri pada Tahun 1978 terus mengalami perubahan seiring beralihnya PGA Negeri 4 tahun Bobotsari menjadi MTs Negeri Bobotsari. Sejak tahun 2016 Perpustakaan MTs Negeri Bobotsari mempunyai nama tersendiri menjadi Perpustakaan Daarul ‘Ulum. Dengan beralihnya nama MTs Negeri Bobotsari menjadi MTs Negeri 2 Purbalingga, maka nama perpustakaan juga berubah menjadi Perpustakaan Daarul ‘Ulum MTs Negeri 2 Purbalingga. Hal tersebut disampaikan Kepala Perpustakaan, Siti Khotijah kepada Humas Kankemenag Purbalingga di kantornya, Selasa (08/11).

Ia menyampaikan, sesuai dengan visi yang telah ditetapkan ia berharap Perpustakaan Daarul ‘Ulum dapat menjadi  jantung pendidikan di madrasahnya .

“Visi perpustakaan kami adalah Berperan sebagai pusat/ sumber informasi untuk melahirkan insan berprestasi, berbudaya, terampil, dan bertaqwa serta mampu menggali ilmu pengetahuan dan teknologi melalui budaya baca. Dan misi kami yang pertama adalah menjadikan perpustakaan sebagai  jantungnya pendidikan di madrasah,” jelasnya.

Pustakawan Daarul ‘Ulum, Dian Puspita Sari menjelaskan, beberapa inovasi yang telah dilakukan dalam rangka memajukan perpustakaannya antara lain: pengelolaan tata ruang, menambah bahan koleksi pustaka secara berkala, mengelompokkan bahan pustaka dengan system DDC, mendatangkan Perpustakaan Keliling dari Perpustakaan Daerah, serta menampung  hasil karya guru dan siswa.

“Beberapa kemajuan yang kami banggakan antara lain perpustakaan kami sudah memakai Otomasi Inlis-lite Aplikasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional. Selain itu komputer yang tersambung internet sudah ada 5 unit. 1 unit khusus untuk pemustaka dalam pencarian informasi google, 1 untuk penelusuran buku OPAC, 1 untuk buku pengunjung tamu, dan 2 untuk sirkulasi,” ungkap Dian.

“Selain itu untuk pertama kalinya Perpustakaan Daarul ‘Ulum berhasil menggelar Lomba Penulisan Resensi Buku sejumlah 22 judul yang diikuti perwakilan seluruh kelas. Juga kami baru saja mengoptimalkan ruang tumpukan buku menjadi ruang audio visual,” tambahnya.

Juara Ketiga

Kebanggaan lainnya adalah keberhasilannya meraih Juara III dalam Lomba Pengelola Perpustakaan Sekolah yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga.

Dian menjelaskan, kegiatan Lomba Pengelola Perpustakaan tersebut digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga dalam rangka Pembinaan Perpustakaan Sekolah dan Desa/Kelurahan serta Gerakan Gemar Membaca Tahun 2018. Lomba digelar melalui beberapa tahapan.gt

“Dalam seleksi tahap pertama kami masuk nominasi 6 besar bersama Pengelola Perpustakaan MI Negeri 3 Purbalingga, SMPN 1 Bojongsari, SMPN 1 Karangmoncol, SMAN 1 Karangreja dan SMKN 1 Bukateja. Alhamdulillah dapat Juara III,” ungkapnya bersyukur.

Selain menerima penghargaan berupa Piala dan Piagam, sebagai Juara III Dian juga menerima uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000,00. (sar/)