Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonogiri Kunjungi Madrasah

Wonogiri – Perpustakaan daerah Kabupaten Wonogiri melalui mobil perpustakaan kelilingnya secara rutin berkunjung ke sekolah dan madasah yang ada di kabupaten setempat, termasuk ke MTs Negeri 2 Wonogiri akhir bulan kemarin.

Tujuan utamanya adalah adalah untuk mendorong minat baca di kalangan siswa agar memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.

Kepala MTsN 2 Wonogiri, Mujiyono, saat dimintai keterangannya, Selasa (09/05) sangat berterima kasih dan mengapresiasi mobil perpustakaan keliling Perpustakaan daerah Wonogiri mengunjungi madrasahnya. Sehingga para siswa semakin bersemangat untuk membaca buku-buku yang ada di mobil tersebut dan bisa meningkatkan wawasanan para siswa.

Kegiatan membaca menurut Mujiyono adalah kegiatan yang sangat positif untuk terus dilakukan. Dengan membaca dapat menambah wawasan dan mendapatkan informasi-informasi baru yang berguna, jendela keilmuan akan terbuka melalui membaca, dengan semangat baca siswa madrasah yang tinggi akan mendorong mereka untuk menggali segala sumber ilmu yang ada, termasuk dari buku perpustakaan keliling.

“Semoga kunjungan ke madrasah kami bisa rutin setiap bulannya, dan mengucapkan terima kasihnya kepada perpustakaan keliling daerah atas kunjungan dan telah menyediakan bermacam buku yang tidak dimiliki perpustakaan madrasah dalam usaha memenuhi dan dan meningkatkan minat baca siswa”,harap Mujiyono

Karena ada beberapa buku yang tidak ada di perpustakaan sekolah. Perpustakaan bukan hanya menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi diharapkan dapat membantu murid-murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar.

Segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menujang proses belajar mengajar, maka dalam pengadaan bahan pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah, serta selera para pembaca, yang dalam hal ini adalah siswa.

Sedangkan Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Wonogiri, H. Ahmad Farid ketika di mintai tanggapannya adanya perpustakaan keliling masuk madrasah mengatakan bahwa budaya membaca adalah kegiatan positif yang dilakukan untuk melatih otak dan menyerap segala informasi yang terbaik untuk diterima seseorang. Budaya Membaca di kalangan pelajar menurutnya merupakan satu hal yang amat penting.

“Hal ini juga sangat esensial karena membaca akan membantu perkembangan pola pikir serta kepribadian mereka”, ujarnya.

Budaya Membaca juga mencerminkan rasa suka dengan ilmu, karena salah satu sarana yang sangat menunjang tercapainya suatu pendidikan juga dipengaruhi dari Budaya Membaca yang ada. Jadi akan sangat terlihat, mana pelajar yang berilmu serta terdidik dengan yang tidak. Mereka yang membaca juga akan sangat terlihat statusnya sebagai pelajar yang berwawasan.

Sehingga budaya Membaca di kalangan Pelajar akan membentuk pelajar yang berintelektual, serta meiliki kepribadian yang luhur. Hal ini akan terlihat dengan perkembangan cara berfikir mereka untuk kedepan serta kritis dengan lingkungan mereka.

“Manfaat-manfaat tersebut belum seberapa nilainya, andai saja pelajar sekarang ini menjadikan kegiatan membaca sebagai aktifitas keseharian, maka Jangan heran jika pada masa yang akan datang mereka mampu menunjukan kreatifitasnya di mata dunia”, tuturnya. (Mursyid_Heri/Wul)