Persiapan Proses Rekrutmen Petugas Haji

Semarang (PHU) –  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi yang dikuti oleh seluruh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten/ Kota untuk membahas penyelenggaraan ibadah haji khususnya terkait dengan rekrutmen calon petugas haji tahun 1439 H/ 2018 M bertempat di hotel Grasia Semarang, Senin (12/03). Selain Kepala Kankemenag Kabupaten/ Kota hadir pula Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) se-Provinsi Jawa Tengah untuk mempersiapkan teknis terkait rekrutmen petugas haji tahun ini.

Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Farhani, selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dilanjutkan dengan penjelasan operasional dan prosedural terkait rekrutmen petugas haji Tahun 1439 H/ 2018 M oleh Kepala Bidang PHU Sholikhin dan Zainal Fatah selaku Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah.

"Agar dapat dipahamkan kepada semuanya, bahwa regulasi kita pedomani dan mekanisme kita jalankan sebagaimana mestinya," tegas Farhani.

Farhani berharap kepada seluruh Kankemenag Kabupaten/ Kota agar informasi terkait rekrutmen petugas haji dapat diinformasikan kepada seluruh elemen masyarakat dengan cara mengumumkan jadwal pelaksanaan dengan durasi waktu yang sesuai dengan juknis.

"Tingkat Kankemenag Kabupaten/ Kota agar dapat mengakomodir peserta dari Kepala KUA, Kepala Madrasah, dan Penyuluh Agama Islam untuk mendaftar sebagai peserta tes," tambahnya.

Farhani meminta Kankemenag Kabupaten/ Kota agar proses rekrutmen petugas haji untuk dikawal bersama, mengingat dalam satu bulan terakhir ini banyak surat masuk yang berupa pengaduan dari masyarakat maupun dari internal menyangkut calon petugas haji.

Dalam materi yang berbeda, Sholikhin menjelaskan bahwa penerimaan berkas pendaftaran dimulai pada tanggal 20 sampai dengan 25 Maret 2018 baik itu di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Kankemenag Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah. "Tes kompetensi tahap awal dilaksanakan tanggal 29 Maret 2018," kata Sholikhin.

Adapun teknis pelaksanaan menggunakan model Computer Assisted Test (CAT), bahwa seluruh calon petugas haji diharuskan mempersiapkan smartphone minimal android lollypop versi 5.0, RAM minimal 1 GB beserta dengan paket data sinyal yang kuat. (djs/gt)