Persiapan Sarpras Terkait Dengan Perangkat Ujian Terutama SDM

Temanggung – Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018, dilaksanakan pada Rabu,(14/02) bertempat di Aula Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Peserta Rapat Koordinasi terdiri dari  Kepala Madrasah MA, MTs, Ketua KKM baik negeri maupun swasta dari se Kabupaten Temanggung.

Dalam sambutannya Kepala Seksi Madrasah, Munsiri, S.Ag  mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan Rapat Koordinasi ini adalah untuk Sosialisasi POS, untuk lebih mempersiapkan pelaksanaan ujian secara tekhnis, dan mendapatkan informasi tentang kesiapan Madrasah dalam pelaksaan Ujian Tahun Pelajaran 2017/20187, serta melakukan validasi data Madrasah yang menyelenggarakan UNBK Tahun Pelajaran 2017/2018.

UN merupakan kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pendidikan, UN merupakan salah satu alat evaluasi untuk pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional.

“Lebih lanjut dikatakan selain harus mempersiapkan salah satu prioritas tidak boleh dilalaikan persiapan sarana dan prasarana terkait dengan perangkat ujian terutama SDM di masing-masing Madrasah baik negeri maupun swasta,” ujar Munsiri.

Sementara Ketua KKM MA Ali Masyhar,  menyampaikan bahwa rapat ini sangat penting, karena merujuk pada Peraturan Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tentang Prosedur Operasional Standar USBN .

Munsiri mengharapkan, dengan adanya kisi-kisi soal tersebut dapat memberi gambaran materii pembelajaran dan membantu para guru untuk mempersiapkan anak didik menghadapi ujian. Soal-soal ujian untuk siswa-siswi MTs  akan dipersiapkan oleh guru dari sekolah yang bersangkutan. Sedangkan soal-soal USBN untuk MA akan dipersiapkan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Untuk pelaksanaan USBN MTs tanggal 10  s.d 13 April 2018 sedangkan USBN MA tanggal 19 s.d 26 Februari 2018.(nm/sr/rf)