Persiapan Ujian, Siswa Jalani Les di Hari Libur

Rembang –  Semangat belajar dalam menghadapi Ujian Madrasah dan Ujian Nasional tampak nyata oleh pelajar MTs N 4 Rembang. Di saat teman-teman seusianya banyak bermain dan rekreasi, tetapi mereka tampil beda dengan istilah Rekreasi Matematika.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, menghadapi UN dan UAMBN, siswa MTsN 4 Rembang berinisiatif untuk mengadakan les tambahan. Les ini diadakan setiap hari Minggu yang dimulai sekitar tiga minggu yang lalu. Selain itu, tiap hari Sabtu setelah pulang sekolah siswa juga mengikuti les tambahan untuk pelajaran Matematika.

 “Les pada hari Sabtu usai jam pelajaran dan Minggu pagi adalah les khusus untuk pelajaran Matematika,” kata Masrum ketika diwawancara pada Minggu (3/3/2019).

Masrum sangat mengapresisasi inisiatif siswa kelas IX ini. Menurutnya, belajar akan lebih menyenangkan dan mengena pada murid jika berasal dari kemauan siswa itu sendiri. “Slogan mereka adalah bermain boleh saja, belajar nomor satu. Slogan ini menjadi spirit yang terinternalisasi pada diri siswa,” kata Masrum.

Guru Mapel Matematika, Dwi Asri Mulatsih mengatakan, les ini diisi dengan diskusi bersama atas persoalan-persoalan yang ditemui. “Sedangkan kami guru bertugas untuk memfasilitasi siswa menyelesaikan persoalan tersebut,” kata Dwi.

Menurut Dwi, berdiskusi tentang soal matematika adalah hal yang positif sebagai wadah pengembangan, aktualisasi, dan mengasah potensi siswa dalam mengatasi problematika belajar. “Ini akan merubah pola pikir siswa, bahwa matematika itu menyenangkan,” ungkapnya.

Irvanis, salah satu siswa kelas IX mengaku menikmati kegiatan rekreasi matematika ini. Baginya, kegiatan ini sangat membantu ia dan teman-temannya dalam mengerjakan soal-soal prediksi UN dan bedah kisi-kisi soal. – dwi/iq