Persiapan Ujian USBN PAI, Seksi PAIS Gelar Rapat Koordinasi

BLORA – Untuk mempersiapkan Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam tahun pelajaran 2018/2019, Seksi PAIS menggelar rapat koordinasi bersama pengawas PAI,  Pengurus KKG/MGMP PAI baik di tingkat SD/SMP/SMA/SMK , dan guru PAIS Blora kemaren (25/2) di Aula Kemenag Blora.

Kasi PAIS kemenag Blora, H. Muhaimin dihadapan sekitar 60 orang peserta yang terdiri dari Pengawas PAI, Pengurus KKG PAI SD Kabupaten dan Kecamatan se Kabupaten Blora dan pengurus /MGMP PAI SMP/SMA dan SMK se Kab. Blora menyampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional khususnya bagi Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah ada Pedoman Pelaksanannya, sehingga diharapkan melalui Rakor bisa mempersiapkan pelaksanaan ujian yang baik dan dapat mengacu Pedoman pelaksanaan ujian terkait.

 “Kami mengharapkan pelaksanaan ujian bisa berjalan lancar dan tertib sehingga mari kita persiapkan sebaik mungkin dengan mengacu pada pedoman ujian yang ada dan agar anak didik bisa dipersiapkan mental dan spiritualnya dalam menghadapi Ujian tersebut,” ujarnya.                 

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan adalah untuk menjadi daya dorong meningkatkan mutu penilaian Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan, dapat menjadi acuan pencapaian kompetensi lulusan Pendidikan Agama Islam, menjadi evaluasi kinerja satuan pendidikan berdasarkan hasil penilaian Pendidikan Agama Islam, sebagai ukuran Pemetaan mutu Pendidikan Agama Islam,  Penentuan kelulusan peserta didik dari ujian sekolah dan memberikan bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya pembinaan dan peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam Pelaksanaan UASBN PAI pada tahun-tahun berikutnya.

Hal senada diungkapkan Plt Kepala Kankemenag Blora, HM Fatah,  yang menyampaikan bahwa perlu upaya persiapan yang optimal dalam pelaksanaan USBN PAI baik melalui bedah kisi kisi, pembinaan, seminar, supervisi maupun evaluasi dan monitoring dalam rangka persiapan ujian supaya hasil ujian juga bisa memuaskan.

 “USBN PAI tahun Pelajaran 2018/2019 harus sukses, sehingga mulai saat ini hendaknya semua pihak bersinergi bersama baik guru, kepala Sekolah, MGMP maupun pengawas untuk mensukseskan ujian ini,” ujarnya.

Pihaknya menyampikan melalui adanya bedah kisi kisi yang sudah dilaksanakan beberapa hari lalu hendaknya bisa dibahas dan dipelajari bersama dan bisa dibahas lebih dalam lagi di tingkat MGMP guru PAI baik tingkat SD,SMP, maupun SMA dan hendaknya bisa dilakukan evaluasi secara bersama sama.

Menurutnya, peningkatan kompetensi guru PAI maupun bedah kisi kisi in sangat penting sebagai upaya bisa mempersiapkan pelaksanaan ujian secara optimal begitu pula bimbingan mapel agama bagi siswa.

“Mapel PAI ini sangat penting sehingga jangan sampai pelaksanaan USBN PAI hasilnya kurang optimal karena minimnya persiapan sehingga mulai saat ini mulai dari guru dan pengawas hendaknya saling bersinergi mempersiapkan ujian berdasarkan pedoman yang ada,”ungkapnya.(ima/rf)