Persiapan UN, MTs Negeri Karanganyar Adakan Lomba Try Out MI/SD

Purbalingga – Sebagai tahap awal kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2016, MTs Negeri Karanganyar, Kabupaten Purbalingga seperti tahun-tahun sebelumnya mengadakan Lomba Try Out UN MI/SD. Lomba dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 26 Maret 2016 pukul 08.00 sampai 12.00, bertempat di MTs Negeri Karanganyar. Antusiasme sangat terlihat, ditandai dengan jumlah peserta lomba yang mencapai 510 siswa. Karena keterbatasan ruang kelas, panitia terpaksa membatasi jumlah peserta lomba. Peserta berasal dari MI/SD di beberapa kecamatan yaitu Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol, dan sekitarnya.

Ketua panitia Kingkin Widiasih menyampaikan bahwa lomba ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan silaturrahim antara pihak MTs Negeri Karanganyar dengan MI dan SD sekitar. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana sosialisasi untuk menjaring calon siswa MTs Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Peserta peringkat 1 sampai 36 akan diprioritaskan menjadi siswa unggulan, dan peringkat 37 sampai 288 akan menjadi siswa regular yang nantinya akan terbagi menjadi 8 rombongan belajar di MTs Negeri karanganyar tahun ajaran 2016/2017.

Menurut salah satu pendamping peserta lomba Restno Widiastuti, kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai sarana mengukur kemampuan siswa sebelum ujian dilaksanakan. Sedangkan, Lulu Sriyani salah satu peserta dari MI Ma’arif NU 1 Kalijaran mengatakan bahwa lombanya menarik dan hiburannya juga asyik. Lebih lanjut dia mengharapkan menjadi juara sehingga mendapatkan hadiah dan juga dapat door prize.

Tepat pukul 10.00 peserta selesai mengerjakan soal. Selama menunggu pengumuman hasil lomba, peserta disuguhi beranekaragam hiburan dan juga pembagian ratusan door prize. Hasil lomba diumumkan tepat pukul 11.30. Juara diambil 3 besar untuk tingkat MI dan 3 besar untuk tingkat SD. Untuk peserta dengan nilai tertinggi dari MI diraih oleh ananda Hafidz Muftadin Amri dari MI Ma’arif NU 1 Kalijaran dengan nilai 84, nilai tertinggi kedua diraih oleh ananda Siti Ni’matur Rohmah dari MI Ma’arif NU 1 Kalijaran dengan nilai 83 dan nilai tertinggi ketiga diraih oleh ananda Lulu Sriyani dari MI Ma’arif NU 1 Kalijaran dengan nilai 80. Sedangkan untuk peserta dengan nilai tertinggi dari SD diraih oleh ananda Ahmad Husain Salim dari SDN 1 Pekiringan dengan nilai 84, nilai tertinggi kedua diraih oleh ananda Putri Hamdiya Pratama dari SDN 2 Pekiringan dengan nilai 81 dan nilai tertinggi ketiga diraih oleh ananda Rahajeng Tri Hapsari dari SDN 2 Pekiringan dengan nilai 80. Para pemenang berhak mendapatkan uang pembinaan dan piagam.

Sementara Kepala MTs Negeri Karanganyar, Siti Mudrikah menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin madrasah. Sebagai MTs Negeri tertua di Karesidenan Banyumas, “MTs Negeri Karanganyar terus berbenah dengan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Sehingga MTs Negeri Karanganyar mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain,” tutur Siti Mudrikah.

Mudrikah menambahkan bahwa nilai lebih dari MTs Negeri Karanganyar adalah keseimbangan prestasi akademik yang dilandasi dengan nilai-nilai agama yang sangat sesuai dengan pendidikan karakter dengan pembiasaan sholat dhuha dan dzuhur berjama’ah. “Lulusan MTs Negeri Karanganyar diharapkan hafal surat-surat Juz Amma dan Asmaul Husna,” lanjut beliau.

Selain itu di kelas program unggulan terdapat kurikulum tambahan yaitu Education Trip, Language Day dan penambahan jam untuk mata pelajaran Ujian Nasional. Program ini bertujuan menambah wawasan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik. (Abas Rosadi/gt)