Persiapkan diri menyambut pentas PAIS tingkat Provinsi

Temanggung – Dalam melaksanakan salah satu program kegiatan Seksi Pendidikan Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, maka pada hari Selasa tanggal 23 September 2014 bertempat di Gedung IPHI Temanggung diselenggarakan Pentas PAI tingkat Kabupaten Temanggung. Tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan ketrampilan juga untuk menggali bakat seni pada siswa di sekolah.

Peserta lomba Pentas PAI adalah tingkat siswa SD sampai dengan tingkat SMA/SMK. Untuk tingkat SD mewakili Kecamatan sedangkan untuk tingkat SMP/SMA dan SMK mewakili sekolah masing-masing. Cabang yang dilombakan adalah lomba pidato berbahasa Indonesia Tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan lomba Kaligrafi tingkat SMP.

Pembukaan pentas PAI tingkat Kabupaten Temanggung dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung (Bp. Ahmad Sugijarto, SH.MM ). Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal antara lain : Para pendiri NKRI sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alenia 4 yang berbunyi melindungi segenap bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa maka salah satu tujuan pendidikan sesuai UU N0 20 tahun 2003 pasal 3 adalah untuk berkembangnya peserta didik sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Sejalan dengan hal tersebut maka dilaksanakan kegiatan pentas PAI (Pekan Ketrampilan dan Seni) PAI yang diikuti oleh siswa dari sekolah SD, SMP, SMA/SMK. Karena keterbatasan anggaran maka pada kegiatan ini hanya dilaksanakan ketrampilan pidato (SD,SMP,SMA/SMK) dan kaligrafi SMP dan untuk juara tingkat Kabupaten akan dikirim ke Pentas PAI Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 September s/d 2 Oktober 2014 di Donohudan Boyolali. Untuk Tahun 2014 Pentas PAI hanya sampai tingkat Provinsi dan untuk tahun 2015 Pentas PAI akan sampai ke tingkat Nasional.

Para pemenang pada Pentas PAI adalah : – Juara I Lomba Pidato Tingkat SD adalah Balqis Aulia Nasirodin dari SDN 2 Kedu, Tingkat SMP : Finariyah dari SMP Islam Ngadirejo, Tingkat SMA/SMK : Nanda Prentianan Sapta Wulansari dari SMKN 1 Temanggung. Sedangkan Juara Kaligrafi adalah : Wisnu Chandra dari SMP N 1 Parakan.(Sur)