Persiapkan UNBK, MTsN Sale Gelar Try Out

Rembang – Ratusan siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri Sale, Kabupaten Rembang tengah serius menjawab puluhan soal yang terpapar di komputer. Dengan waktu yang telah disediakan, mereka berusaha untuk menjawab soal sebaik mungkin. Rupanya ratusan siswa ini tengah menjalani try out simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan diselenggarakan pada 2-5 Mei mendatang.

Try out yang diselenggarakan pada Senin (6/2) ini merupakan upaya MTsN Sale untuk menyikapi UNBK tahun 2017 sesuai dengan kebijakan pemerintah. Kepala MTsN Sale, Masrum mengatakan, MTs Negeri Sale telah menyiapkan segala sesuatu yang dipersyaratkan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Kami telah menyiapkan 2 ruang dengan 65 unit laptop dan PC yang telah terinteragrasi dengan 3 server dengan minimal memori  8 Gigabyte. Sarana ini diharapkan mampu memberikan pelayanan yang prima kepada peserta didik sebanyak 183 peserta didik,” kata Masrum.

Selain itu, Koordinator IT MTsN Sale Sholeh menyampaikan, laboratorium komputer MTs Negeri Sale dilengkapi dengan 3 UPS system yang siap mengantisipasi jika terjadi gangguan listrik. “kita berharap UNBK di MTs Negeri Sale berjalan dengan lancar seperti yang telah kita lakukan hari ini,” ujar Sholeh.

Masrum berharap, kesiapan MTsN Sale menghadapi UNBK ini akan bisa memberikan persepsi kepada masyarakat, bahwa MTsN Sale layak menjadi rujukan pendidikan warga sekitar. “Hal ini bisa membuktikan kepada masyarakat kelayakan MTs Negeri Sale dalam mengikuti UNBK dan kemajuan MTs Negeri Sale dalam bidang akademik,” katanya.

HUT MAN Rembang

Sementara itu, dalam rangka memperingati HUT ke-25 MAN Rembang, OSIS MAN Rembang mengadakan berbagai jenis perlombaan. Lomba yang di gelar  antara lain lomba paduan suara dengan lagu mars Madrasah, lomba kasti, dan lomba futsal.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (4/2),  diawali dengan jalan santai ini dibuka secara resmi oleh Kepala MAN Rembang Muhammad Yunus Anis. “Melalui kegiatan perlombaan ini marilah kita sambut dengan penuh suka cita karena madrasah kita telah genap berumur 25 tahun”, tandas Anis.

Anis berpesan kepada seluruh siswa kelas XII untuk selalu belajar dan berdoa agar diberikan kelancaran selama mengikuti UNBK yang pertama kali diadakan di MAN Rembang.

Acara yang diakhiri dengan pembagian doorprize dan pengumuman pemenang lomb, kegiatan ini mendapat apresiasi positif oleh seluruh civitas MAN Rembang.(miftahul huda/Jojo Sutejo/ss/bd)