Pertama Digelar di Kampus Sendiri, UAMBN-BK MTsN 2 Wonosobo Berjalan Lancar

Wonosobo – Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) tahun 2019 di MTsN 2 Wonosobo pada hari pertama berjalan lancar, Rabu (20/03/2019). Sejak dilaksanakannya ujian berbasis komputer, tahun ini adalah kali pertama MTsN 2 Wonosobo bisa melaksanakan ujian dikampus sendiri.

Bagian Kurikulum MTsN 2 Wonosobo, Samsu Sugito mengungkapkan, mulai tahun 2019 ini pelaksanaan ujian berbasis komputer di MTsN 2 Wonosobo bisa dilakukan di kampus sendiri. Ini merupakan pertama kali sejak dilaksanakannya ujian berbasis komputer, karena selama ini ujian berbasis komputer diadakan menumpang di kampus MAN 2 Wonosobo.

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat illahi robbi, adalah kalimat yang paling pantas diucapkan oleh seluruh civitas akademika MTsN 2 Wonosobo, karena bisa menggelar UAMBN-BK di kampus sendiri,” katanya.

Menurutnya berkat motivasi yang kuat dari M Thobiq selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo dan kerja keras seluruh elemen madrasah, laboratorium komputer yang sangat representatif dengan kapasitas 60 komputer bisa diwujudkan. Sehingga laboratorium komputer tersebut bisa digunakan untuk pelaksanaan UAMBN-BK.

Lebih lanjut dijelaskannya, UAMBN-BK ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 20 sampai dengan 23 Maret 2019 dengan jadwal hari pertama Al-quran Hadits, hari kedua Fikih dan hari ketiga SKI (Sejarah Kebudayaan Islam). Untuk kegiatan UAMBN-BK hari pertama di MTsN 2 Wonosobo ini, katanya, diikuti sebanyak 151 siswa kelas 9. Kegiatan ini dibagi 3 sesi, untuk sesi pertama ada 50 siswa, sesi kedua ada 50 siswa dan sesi ketiga diikuti 51 siswa.

“Alhamdulillah UAMBN-BK hari pertama berjalan lancar dan tertib. Ujian kali ini diikuti 2 proktor yaitu proktor 1 Slamet Ismanto, S.Pd.I, dan proktor 2 Eni Purwantini, S.Pd, sedangkan petugas teknisi adalah Fajar Raharjo,” bebernya.

Menurutnya, kegiatan UAMBN-BK hari pertama ini berjalan lancar dan tertib, anak- anak terlihat tenang  dalam mengikuti jalannya UAMBN-BK ini. Dihari pertama ini, katanya, telah dilakukan juga monev dari Kantwil Kemenag Semarang yang didampingi oleh beberapa staf dari  Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo.

“Dengan kegiatan UAMBN-BK ini, kami berharap terlahir generasi- generasi yang memiliki integritas yang baik sehingga bisa mengokohkan jati diri dan dapat meningkatkan kualitas bangsa di era yang akan datang,” tandasnya. (PS-WS/Wul)