60 Siswa MAN 1 Surakarta Tembus SBMPTN

Surakarta – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta banyak yang diterima di berbagai perguruan tinggi favorit di Indonesia. Melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Siswa yang diterima mencapai 60 orang.

Kepala MAN 1 Surakarta, Hariyadi Purwanto, saat ditemui di ruang kerjanya mengucapkan alhamdulillah siswa banyak diterima di berbagai perguruan tinggi terkemuka.

“Prestasi ini patut kami syukuri karena jumlah yang diterima lewat jalur SBMPTN tahun ini meningkat drastis dari tahun sebelumnya,” kata Hariyadi, Jumat (16/6).

Sekedar perbandingan, siswa yang diterima  SBMPTN tahun 2016 sebanyak 30  siswa. Sedangkan, tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 60 orang.

Menurut koordinator pendaftaran perguruan tinggi MAN 1 Surakarta, Rusdi Mustapa, siswa diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) yang sebarannya sudah merata.

“Ada yang diterima di ITS,  Universitas Padjajaran, Universiras Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, UNS, Universitas Malang, UIN Walisongo, UIN Malang, Universitas Jember, STAN, dan Universitas Cenderawasih,” kata Rusdi.

Data yang masuk masih sementara karena banyak siswa yang belum melaporkan ke madrasah.

“Kami berharap akan makin banyak yang melaporkan. Trendnya setiap tahun, siswa yang diterima lewat jalur tes selalu lebih banyak dari jalur non tes,” katanya.

Hal ini menunjukkan kualitas siswa madrasah tidak kalah dengan siswa sekolah umum. “Tentu saja ini sesuai dengan motto Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah ,” papar Rusdi.

Sementara itu, Penanggung Jawab pendaftaran PTN MAN 1 Surakarta, Wardimin, menuturkan setiap musim pendaftaran perguruan tinggi, MAN 1 berkomitmen mengawal proses pendaftaran dari awal hingga akhir.

“Kami telah memiliki tim pendampingan pendaftaran PTN yang dikoordinir oleh Rusdi Mustapa, yang mendampingi pendaftaran SNMPTN, SPAN PTKIN, Mandiri,. SBMPTN hingga bidik misi,” ucap Wardimin.

Dikatakan, siswa dipandu secara intensif mulai dari pemilihan jurusan hingga pendaftaran online. Komitmen kami jelas yaitu agar siswa sukses diterima dan tidak ada kesalahan dalam pendaftarannya.

Dia berharap semoga semakin banyak siswa madrasah yang  diterima di PTN favorit sehingga bisa membawa nama baik madrasah dan institusi Kementerian Agama.

Tahun ini total siswa yang diterima SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, dan jalur prestasi, berjumlah hampir  287 siswa dan ini ada peningkatan di tiap kelas yang diterima.(ma1-rma/Wul)