Perubahan ASN Dimulai Dengan Peningkatan Kinerja

Karanganyar – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad mengatakan dalam pembinaan Apel pagi tadi (Selasa, 14/02) bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajarannya agar membuat proyek perubahan bagi dirinya sendiri. Menurutnya, perubahan yang dimaksud bukanlah sesuatu yang ekstrim, namun hal tersebut menyangkut dengan perbaikan kinerja.

“Hal yang perlu kita perhatikan sebagai ASN di lingkungan Kementerian Agama saat ini adalah tentang perubahan. Perubahan itu pasti adanya, entah itu menuju ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. Perubahan itu bukanlah sesuatu yang radikal, namun itu menyangkut perbaikan kinerja yang kita lakukan untuk Instansi ini.”, ucap Musta’in Ahmad.

Untuk mencapai perubahan peningkatan kinerja, Kepala Kemenag mengatakan bahwa setidaknya ada tiga hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama, pertama adalah kompetensi, kedua adalah kapasitas, dan yang ketiga adalah akuntabilitas kita dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Mengutip apa yang disampaikan Kakanwil dan Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jateng dalam Pembinaan ASN yang diikutinya Senin kemarin, Musta’in Ahmad mengatakan agar ASN di jajarannya membuat laporan catatan kinerja harian dan bulanan dengan baik. Menurutnya, laporan yang dibuat tidak hanya sekedar terlaksana, namun perlu menggambarkan kualitas kinerja yang dilakukan oleh ASN tersebut.

Terkait pemeriksaan BPK ke Kanwil Kemenag Provinsi Jateng dan beberapa contoh satker Kemenag di Jateng, Bapak dua orang anak ini mengucapkan syukurnya karena badan pemeriksa keuangan nomor satu di Indonesia itu tidak menemukan pelanggaran pelaksanaan DIPA. Hal tersebut menandakan bahwa kinerja Kemenag dari waktu ke waktu semakin baik.

Untuk menyemangati, Kepala Kemenag tidak lupa mengingatkan jajarannya untuk memperbaharui niatnya bekerja sebagai pegawai. Kerja adalah Ibadah. Menurutnya, kalau spiritnya seperti itu, maka setiap pegawai akan selalu punya daya dan energi baru untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. (ida-hd/Wul)