BINCANG QURBAN SELEPAS PFH

PESAN BERQURBAN DI MOMEN IEDUL ADHA DARI BREBES

Brebes, Di tengan keprihatinan masa pendemi covid-19 yang sudah menimpa Indonesia kurang lebih satu setengah, mulai Maret 2020 yang hingga kini belum mereda, Umat Islam akan segera merayakan  Iedul Adha 1442 H.

H. Fajarin di momen menjelang Iedul Adha 1442 H, ini menegaskan kepada seluruh ASN Kementerian Agama Brebes khususnya dan umat Islam pada umumnya  “agar dalam  menyabut Hari Raya Iedul Adha 1442H dengan kesederhanaan dan  rasa optimis,  di tengah kesedihan banyaknya saudara-saudara kita yang mendapat cobaan dengan tepaparnya wabah covid-19, baik yang bergejala ringan maupun berat serta  yang harus dirawat di rumah sakit  atau yang terpaksa mendapat perawatan di rumah masing-masing karena keterbatasan  daya tampung   rumah sakit, keterbatasan tenaga media dan obat-obatan. Sehingga diantara kita ada yang sudah ditinggalkan Bapak atau ibu, adik atau kakak bahkan anak-nakan yang dikasihi menghadapat yang sang Khalik untuk selamanya”. tegasnya .

Untuk meminimalisir dari efek wabah covid-19 ini, Beliau berpesan  supaya seluruh anggota masyarakat baik itu pejabat, ASN , Ulama, Umaro , tokoh agama, tokoh masyarakat , tokoh pemuda,  pedagang, petani dan apapun profesinya di wilayah Kabupaten Brebes  agar senantiasa berikhtiar maksimal dengan berqurban.

Pertama . Qurbankan Hari Kita Demi Tetap Tinggal di Rumah,  dengan kita tetap tinggal dirumah merupakan upaya bersama , menjauhkan diri  dari kerumanan yang setiap saat bisa menjadi media penularan virus apa lagi  dengan  mnculnya varian delta yang di sinyalir oleh banyak ahli epidimiologi bahwa varian ini, memiliki angka penularan 5  sd 10 kali, lebih cepat penularanya dari pada varian alpa, yaitu melalui  udara  walaupun hanya sebatas berpapasan langsung kurang lebih dari 5 detik,  virus ini mampu bermutasi dari manusia yang satu kemanusia yang lain.

Kedua, Qurbankan Harta kita  Demi Kepedulian Bersama, bagi  yang masih memiliki harta, di himbau agar tidak sayang mengeluarkah harta yang dimemiki untuk diberikan kepada saudara dan handaitaulan kita,  yang pada haakhir-akhir berkekurangan. Mengingat dengan pembatasan aktivitas banyak orang yang tidak dapat mencari nafkah seperti hari-hari biasanya, bahkan mungkin sudah banyak yang dirumahkan tanpa gaji atau malah sudah di PHK.  Melihat beratnya beban ekonomi yang harus ditanggung pada masa sekarang.  untuk itu dikesempatan hari –hari  menjelang Iedul Adha ini , pentingnya cek dan ricek, serta tengok kanan kiri adakah tetangga / saudara kita yang tidak bisa makan,  dikeranakan  tidak mempunyai sesuatu yang untuk di makan atau isolasi mandiri akibat terpapar covid 19.

Ketiga, Qurbankan Hati/Qolbu, Akal dan Pikiran Serta Tenaga Kita Demi Doa,  untuk setiap saat bertaqarub dan bermunajat memohon ampunan dan pertolongan dari Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa agar pagebluk covid-19  ini secepatnya di angkat dan dimusnahkan dari muka bumi ini, serta saudara-saudara kita yang sakit segera disembuhkan dan yang meninggal mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.  Dan aktivitas masyarakat dapat berjalan kembali normal dan  roda ekonmi dapat berputar  yang bermuara seluruh masyarakat mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Pesan kepala kantor ini disampaikan dalam bincang santai  setelah kegiatan # PrayFrom Home  “Doa Bersama, Melangitkan Harapan Untuk Kesehatan dan Keselamatan Bersama”  pada Ahad, 18/07/2021 di  Pendopo Bupati Brebes dan disampaikan melaui  website dan media social Kementerian Agama  Brebes serta wa grup.(hid/Sua)