Pesan Kakankemenag untuk Jamaah Calon Haji

Pemalang – Hari ini, Rabu (12/7) seluruh jamaah calon haji Kabupaten Pemalang melaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan yang terakhir. Bimbingan manasik diselenggarakan oleh KUA Kecamatan. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang berkesempatan menyampaikan materi manasik haji kepada 34 orang jamaah dari Kecamatan Belik dan Watukumpul di gedung KPRI Peni Belik.

Ada beberapa pesan yang disampaikan  Kepala Kankemenag, Taufik Rahman kepada jamaah. Yang pertama, dia menghimbau para jamaah meniatkan hati untuk melaksanakan ibadah haji dengan niat tulus, ikhlas untuk memenuhi panggilan Allah SWT. Berangkat haji bukan maksud supaya statusnya naik, supaya dipanggil bapak ibu haji.

Taufik yang didampingi oleh Kepala KUA Kecamatan Belik selanjutnya meminta jamaah menyelesaikan segala persoalan keduniawian sebelum berangkat ke Arab Saudi. ¬†“Jamaah kurang lebih akan meninggalkan keluarga selama 40 hari. Serahkan urusan keduniawian kepada anggota keluarga di rumah. Sehingga Anda bisa melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk, tidak lagi memikirkan urusan keluarga, pekerjaan, hasil panen dan lain-lain,” tuturnya.

Jamaah dihimbau untuk menjaga kesehatan mulai dari sekarang. Bagi yang belum sehat usahakan saat keberangkatan sudah siap. Sesuai edaran dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, penetapan istithaah kesehatan jamaah haji sepenuhnya menjadi wewenang Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota masing-masing.

Jamaah calon haji Kabupaten Pemalang terbagi kedalam dua gelombang. Taufik menyebutkan hal tersebut tidak menjadi masalah. Dia menghimbau jamaah untuk memilih haji tamattu (haji dengan mendahulukan umrah). Untuk kewajiban membayar dam (denda), melihat dari sisi kemudahan jamaah dihimbau membayar melalui bank yang telah tunjuk Pemerintah Arab Saudi yaitu Bank Alrajhi.

Seusai mengikuti bimbingan manasik haji tingkat kecamatan, seluruh jamaah calon haji akan mengikuti bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten yang dilaksanakan pada hari Selasa (18/7) di Pendopo Kabupaten Pemalang. (fi/rf)