Pesantren Salatiga Serentak Vaksin

Salatiga — Sejalan dengan program Gerakan Pesantren Jateng Serentak Vaksin Covid-19 Kementerian Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman didampingi Kasubbag TU, H. M Soleh Mubin, Kasih Pakis H Qomarul Aziz dan Humas melakukan monitoring pemberian 1000 dosis vaksin covid-19 di Pondok Pesantren Al Falah Dukuh Sidomukti Salatiga, Senin (06/09). Kegiatan yang terselenggara atas kolaborasi Polres Salatiga dan Pondok Pesantren Al Falah tersebut, menyasar pemberian vaksin kepada pengasuh, pengurus, dan santri Pondok Pesantren Al Falah serta Pondok Pesantren sekitarnya.

“Vaksin sebagai ikhtiyar kita untuk melindungi diri dari wabah penyakit, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga menjaga orang lain agar tidak terpapar. Kementerian Agama mempunyai peran yang besar dalam mensukseskan program vaksinasi nasional. Dengan diadakannya gerakan 1000 vaksin di pondok pesantren, saya harap nantinya santri yang telah divaksin dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak ragu lagi menerima vaksin dan tidak mempercayai hoax yang beredar.” Harap Taufiq.

Menurut Gus Chozin, antuasias santri, pengurus, pengasuh pondok pesantren dan warga sekitar sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari antrian masyarakat yang sudah ramai sejak pagi. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan melibatkan puluhan tenaga kesehatan, staf kepolisian, dan volunteer untuk melayani warga pondok pesantren. Untuk kegiatan berikutnya, pemberian 1000 vaksin dipusatkan di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah.

Vaksinasi Serentak Pesantren Se-indonesia ini digelar dengan sasaran 1.000 peserta yang terdiri dari beberapa ponpes di salatiga antara lain  Al Falah, Al Muntaha, Darul Hasanah, Madrasatul Qur’an, Masyithoh Tingkir Lor, Astain, Nurul Madani, Manabiul Qur’an, Salafiyah Blotongan, Al Islah, Yasinta, Al Ihsanul Amin, Ittihadul Asna, Darul Falah, Al Qur’ani Al Ahkami  (Humas)