Peserta Bintek sedang melakukan proses perekaman didampingi para trainer

SURAKARTA (Bidang PAI). Di hari terakhir kegiatan Bimbingan Teknis Media Pembelajaran Digital PAI bagi Guru PAI angkatan satu dan dua peserta lakukan praktik perekaman dan editing video pembelajaran ditempat kegiatan. Kegiatan yang selenggarakan Bidang Pendidikan Agama Islam itu pada hari kedua dan ketiga terjadwal materi praktik dimana peserta melakukan proses produksi video baik perekaman maupun editingnya.

“kemarin peserta sudah kami minta membuat naskah perencanaan pembuatan video, hari ini kita minta untuk mewujudkan dalam video” kata Candra salah satu narasumber.

Tampak dalam kelas peserta secara bergantian menggunakan peralatan yang tersedia untuk melakukan perekaman sesuai dengan perencanaan video yang dibuatnya hingga jadi.

“Ini alat seperti tripod, background dan alat pendukung lainnya kita tinggal pakai sudah disediakan”, ucap sutrisno salah satu peserta kegiatan.

Sementara peserta lain sebagaimana dalam pantauan banyak yang sedang menyelesaikan pembuatan naskah dengan diskusi mematangkan desain video bersama kelompoknya.

“Sambil menunggu antrian pemakaian peralatan kami diskusi untuk memperbaiki naskah agar lebih baik hasilnya”, ucap Inggit peserta GPAI dari SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo.

Secara terpisah ketika diwawancarai Kabid PAI Imam Buchori menjelaskan bahwa dalam kegiatan yang berlangsung singkat hanya tiga hari materinya didesain banyak praktiknya dari pada terori.

“Prosentase bintek ini adalah 30 persen teori dan 70 persen praktik gunanya untuk memberikan pengalaman belajar bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini”, papar Imam Buchori

Ia menambahkan para peserta setelah selesai mengikuti kegiatan juga diwajibkan membuat tugas mandiri berupa video pembelajaran PAI sesuai materi yang dipilihnya.

“Jadi nanti peserta ada tugas mandiri membuat video, video itu bisa diselesaikan dirumah”, uangkapnya. “

Disepakati pengumpulannya video itu paling lambat dua minggu setelah kegiatan”, pungkasnya. (dsr/rf)


Tampil Sebanyak : 17