Peserta Didik Baru Ikuti Matsama

Pemalang – Tahun pelajaran baru telah dimulai, sebanyak 396 anak yang merupakan peserta didik baru tahun pelajaran 2017/2018 di MTs Negeri Pemalang mengikuti kegiatan Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). Matsama dilaksanakan sejak hari pertama siswa masuk madrasah, Senin (17/7) hingga hari Rabu (19/7).

Matsama diawali dengan upacara pembukaan pada jam 07.00 WIB. Upacara dipimpin oleh Kepala MTs N Pemalang, Mimbar dan dihadiri oleh segenap unsur pimpinan, dewan guru, dan pegawai.

Sebelum memberi sambutan, Mimbar mengajak peserta upacara untuk mengepalkan telapak tangan kanannya seraya memekikkan “Saya Indonesia, saya Pancasila”.

“Matsama dimaksudkan agar peserta didik baru bisa mengenal lingkungan MTs Negeri Pemalang dan untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada mereka. Siswa baru akan diberikan materi tentang empat pilar kebangsaan yaitu Panacasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945,” kata Mimbar.

Adapun materi Matsama diantaranya pengenalan madrasah, bela negara, pendidikan karakter bangsa serta agama, tata tertib madrasah, kepribadian dan budi pekerti luhur, dan konsep pengenalan diri.

Selesai sambutan, kegiatan diteruskan dengan pemukulan gong oleh Ketua Panitia PPDB. Sementara itu Kepala MTs N melepaskan rangkaian balon ke udara dan dilanjutkan penyematan tanda peserta kepada perwakilan siswa baru menandai dimulainya Matsama.

Sejalan dengan acara tersebut, dilaksanakan halal bi halal dengan mushofahah antara dewan guru dengan para siswa diiringi penampilan drum band Syah Gita Bahasa MTs N Pemalang.

Pada tahun pelajaran ini, MTs N Pemalang menerima 396 anak didik yang terbagi menjadi beberapa kelas baik kelas regular mapun kelas unggulan. Jumlah tersebut terdiri dari 192 anak laki-laki dan 204 anak perempuan. (zin/fi/rf)