Plt Bupati Lepas Jamaah Calon Haji Klaten

Klaten – Plt Bupati Klaten Sri Mulyani, diwakili Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesra, Edy Hartanto secara simbolis melepas rombongan jemaah calon haji asal Klaten tahun 1438H/2017M  kloter 33 yang berjumlah 355 orang di GOR Gelarsena Klaten  yang akan masuk ke Asrama haji Donohudan, Minggu (6/8).

Edy Hartanto mengatakan, keberangkatan jamaah calon haji dari Klaten saat ini adalah awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji yang merupakan perjalanan spiritual yang diperintahkan Allah SWT.

Menurutnya, kewajiban haji ditujukan bagi umat Islam yang mampu secara fisik dan mental. Oleh karenanya manfaatkanlah kesempatan yang sangat terbatas ini, karena jumlah umat Islam yang berkeinginan berangkat ke tanah suci lebih besar dari quota yang ditetapkan.

“Untuk itu, para jamaah calon haji yang akan berangkat patut bersyukur kepada Allah SWT karena merupakan orang-orang terpilih dan beruntung. Perbanyaklah berdoa di tempat-tempat yang telah ditentukan sebagai tempat maqbulnya doa,” pesan Edy.

Ibadah haji yang akan dilaksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara.

“Harapan dan doa saya semoga bapak ibu saudara menjadi haji yang mabrur. Karena nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial,” katanya.

Sementara itu Plt Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, M Yusuf yang sekaligus ketua pelaksana pemberangkatan dan pemulangan haji mengatakan jemaah calon haji yang tergabung di kloter 33 bisa utuh berjumlah 355 orang dan dia berharap agar jemaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatan.

“Alhamdulillah kloter 33 bisa utuh 355 dan siap diberangkatkan, kepada para jamaah calon haji hendaknya untuk selalu menjaga kesehatan karena cuaca di Mekkah berbeda dengan di Klaten,” katanya.

Selain itu, M Yusuf mengingatkan agar jamaah selalu menaati peraturan, jalankan rukun dan sunnah dengan sebaik-baiknya, jagalah persatuan dan kesatuan antar sesama jamaah calon haji asal Indonesia serta menaati peraturan yang berlaku di Arab Saudi agar nama baik negara pada umumnya dan secara khusus, daerah selalu baik dinilai negara luar.

“Kalau ada permasalahan, kesulitan atau kendala yang dihadapi selama melaksanakan ibadah haji, maka koordinasikanlah dengan petugas dan jangan malu untuk minta tolong dan bertanya,” tandas Yusuf.

Lebih lanjut Yusuf berharap semoga semua jemaah calon haji dapat menjalan syarat dan rukun hajinya secara sempurna, dapat menjafi yang mabrur dan pulang kembali dengan selamat.

“Harapannya semoga semua jemaah calon haji jadi haji yang mabrur serta kembali dalam keadaan selamat sesuai dengan niat yang telah ditekadkan,” imbuhnya.(aj/wul)