Baksos Pokjaluh Banjarnegara

Pokjaluh Banjarnegara; Istiqamah Beraksi dan Peduli Dimasa Pandemi

Banjarnegara – Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh)  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, mengadakan bakti sosial kurban dengan 1 ekor sapi pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H di Dusun Kasimpar, Desa Paweden, Kecamatan Karangkobar, pada hari Kamis, (22/07/2021). Dengan Tema kegiatan baksos: “Istiqamah Beraksi dan Peduli Dimasa Pandemi”

Turut hadir dalam acara ini, Kepala kantor Kemeterian Agama Kabupaten Banjarnegara, H. Agus Suryo Suripto, Kasi Bimas H. Ali Mustofa, Sekertaris Camat karangkobar, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa Paweden beserta perangkat desa, serta 14 Penyuluh Fungsional, serta 6 PAI non PNS kecamatan karangkobar.

Baksos Kurban Idul Adha di masa PPKM darutrat ini dilaksanakan Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan dengan berpedoman pada SE Mentri Agama No. 17 Tahun 2021.

Nasirin, selaku ketua Pokjaluh Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara menyampaikan bahwa baksos pembagian daging kurban ini harus selalu memperhatikan protokol kesehatan. “Ditengah pandemi Covid-19 yang terus meninggi dan dalam masa perpanjangan PPKM Darurat, baksos kurban Idul Adha ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan dengan berpedoman pada SE Mentri Agama No. 17 tahun 2021. Sapi sembelih di RPH Wanayasa, daging dari sapi tersebut akan dibagikan kepada 70  warga,  dengan pendistribusian daging langsung diberikan oleh panitia kerumah warga yang berhak,” ungkapnya.

“Tujuan dari baksos kurban Pokjaluh ini, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang sebelumnya belum banyak melaksanakan kurban sehingga termotivasi dan tergugah hatinya untuk berkurban. Kita sebagai penyuluh Agama Islam juga tidak hanya dakwak bi lisan tetapi juga dakwah bil hal,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, H. Agus Suryo Suripto dalam kesempatan kali megucapkan apresiasinya kepada semua pihak atas terselenggarakannya kurban ini.

“Tahun ini Kemenang kab. Banjarnegara kurban 4 sapi, 3 di kemenang pada hari rabu, dan 1 pada hari ini oleh Pokjaluh. terimakasih kepada Pokjaluh, yang telah melaksanakan baksos kurban, berbagi kepada masyarakat terutama yang kesulitan ekonomi,” jelasnya.

diakhir sambutanya, Suryo menambahkan bahwa hakikat dari berkurban ini adalah bagaimana mengorbankan ego. “Mengorbankan ego dan nafsu-nafsu kita adalah hal yang amat penting, dan juga kepedulian kita kepada sesama, terutama dimasa pandemi ini. Semoga yang kita sembelih dan kita sedekahkan hari ini diterima sebagai amal oleh Allah Swt, ” tambahnya.

Kepala Desa Paweden, Nislam mewakili warga masyarakatnya menyampaikan terimakasih, “Saya atas nama warga masyarakat sangat bersyukur dan berterimakasih kegiatan baksos penyembelihan kurban Idul Adha dari Pokjaluh ini bisa dilaksanakan di desa kami. Tentunya sangat bermanfaat bagi desa kami yang terdampak PPKM darurat, ” ujarnya.

“Harapan kami kegiatan ini bisa terus berlanjut, dan bisa memotivasi warga kami untuk berkurban, terimakasih semoga maju terus Pokjaluh Banjarnegara,” harapannya. (dr/ak/rf)