Pokjaluh Membumikan Zakat di Purbalingga

Purbalingga – Kamis, 20 Rajab 1437 H/28 April 2016 pukul 08.00 wib ada suasana yang berbeda di komplek Balai Desa Nangkasawit Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, karena di lokasi tersebut digelar kegiatan Pengajian Umum dan Bakti Sosial Tingkat Kecamatan Kejobong. Aura kebahagiaan tidak hanya tampak terpancar di wajah-wajah para penyuluh fungsional yang tergabung di Pokjaluh Kabupaten Purbalinggadan para Penyuluh Agama Islam yang terhimpun di FKPAI Kecamatan Kejobong selaku penyelenggara kegiatan, tetapi juga tampak pada warga masyarakat muslim khususnya Desa Nangkasawit dan sebagaian warga muslim desa sekitar yang ada di wilayah Kecamatan Kejobong. Moment penting itu digelar berkat kerjasama yang baik antara Pokjaluh, Kankemenag Purbalingga, Baznas Purbalingga, Pokjahulu, dan FKPAI Kecamatan Kejobong.

Plt Kankemenag Purbalingga Bambang Sucipto menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan para mustahiq nantinya segera meningkat levelnya menjadi muzaki. “Kepada umat muslim di purbalingga khususnya di wilayah Kec. Kejobong mari bersama-sama membayarkan zakat infaq dan shodaqahnya melalui Baznas Purbalingga supaya terwujud asas keadilan dalam pentasharufannya kepada para mustahiq yang 8 asnaf “ lanjutnya.

Gayung bersambut,Ketua Baznas PurbalinggaImam Subiyakto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan positif yang berisi siraman rohani sekaligus jasmani ini perlu untuk terus didukung. “Terima kasih kepada Pokjaluh Purbalingga yang telah menfasilitasi penyaluran dana ZIS yang kami kelola, sinergitas antara Baznaz, Kankemenag dan Pokjaluh Purbalingga harus terus dikuatkan dan ditingkatkan,” ungkapnya.

Membumikan Zakat

Adapun dana ZIS yang ditasharufkan dikemas dalam bentuk 100 paket sembako 100 ribu rupiah, 9 paket rehab rumah tidak layak huni 3,5 juta rupiah, 6 beasiswa SLTP 540 ribu, 2 siswa SLTA 780 ribu, 20 mushaf al Qur’an dan 100 Juz Amma senilai 2 juta rupiah. Lebih lanjut Ketua Pokjaluh Purbalingga, Khikam Aziz selaku Ketua SC menuturkan “Total bantuan yang tersalurkan sekitar 51 jutaan dan disamping melalui penyuluhan di beberapa majlis taklim binaan para penyuluh, kegiatan ini jugamerupakan salah satu wahana yang kami desain sebagai upaya untuk membumikan zakat di Purbalingga.”

Selanjutnya K. Ali Maksum selaku Ketua Panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih setulusnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.“Semoga mendapat ridlo dan balasan berlipat dari Allah SWT” ungkapnya dalam penyampaian laporan panitia.

Sebelum diakhiri dengan ramah tamah pada pukul 12.00 wib, kegiatan ini diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh KH. Nur Kholis Masrur, Pengasuh Ponpes Az Zuhriyah Kel. Karangsentul Purbalingga. Ibadah kita tidak sempurna bahkan fatalnya bisa menjadi “ibadah yang tidak dianggap” Allah kalau kita tidak mau mengeluarkan zakat ungkapnya. “Jadi, Zakat sebagai ibadah sosial tidak kalah pentinganya dengan ibadah mahdoh lainnya” tandasnya. Jamaahpun hidmat mendengarkan dan menghayati sampai tuntas akhir tausiyah. (Edi_R/gt)