PP Al Hidayat Gelar Even Usia Seabad

Rembang – PP Al Hidayat, Lasem Rembang menggelar sejumlah even dalam rangka memperingati usia satu abad  Ponpes yang didirikan oleh KH Ms’shoem pada tahun 1916. Sejumlah acara yang diadakan antara lain, seminar perempuan, touring Toleransi, dan grand launching yang diadakan di beberapa lokasi.

Seminar perempuan dan anak diadakan di Hotel Fave selama dua hari, yaitu Kamis-Jumat (117-18/10/2018). Sedangkan touring toleransi melibatkan ratusan bikers di Rembang dengan start alun-alun Rembang. Touring ini diadakan pada Minggu (21/10/2018).

Sebelum agenda touring toleransi, komunitas biker Rembang menggelar jagongan bersama kalangan Kyai dan santri di Ponpes Kauman. Dalam kesempatan itu juga dihadiri Biker asal Bandung yang telah touring keliling 97 negara demi perdamaian, Jeffrey Polnaga.

Adapun grandlaunching di adakan di Taman Dasun, Lasem pada Minggu (21/10/2018) dan mengundang sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat. Selain tokoh agama Islam, FKUB juga turut diundang dalam launching ini. Tampak Ketua FKUB Kabupaten Rembang, Masyhuri dan beberapa tokoh agama Buddha dan Khonghucu hadir dalam acara ini. Hadir pula Anggota DPR RI Arwani Thomafi.

Pengasuh PP Kauman yang berafiliasi dengan PP Al-Hidayat, Ahmad Zaim Ma’shoem mengatakan, tema yang diusung dalam perhelata se-abad PP Al-Hidayat ini adalah Toleransi (tasamuh). “Kita ingin Lasem menjadi kota yang ramah bagi semua masyarakat. Semua masyarakat bisa hidup berdampingan dengan latar belakang suku, budaya, dan agama,” katanya.

Rangkaian kegiatan ini masih akan berlangsung hingga November mendatang. —iq/bd