PPDB MTsN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Semarang – Menghadapi tahun pelajaran 2017/2018 MTs Negeri 1 Semarang sudah merencanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mendahului dari kalender akademik Dinas Pendidikan maupun dari Kementerian agama dengan maksud agar input calon siswa yang di dapat di madrasah lebih bagus dari PPDB secara reguler. Di samping itu pertimbangan minat dan motivasi calon peserta didik baru juga diutamakan.

Sebelum pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2017/2018, Kepala Madrasah Mudlofir sudah berkoordinasi dan bermusyarah dengan Komite Madrasah dengan menyampaikan tujuan pelaksanaan PPDB mendahului dari kalender Diknas dan Kemenag. Ketua Komite Isdiyanto sangat mengapresiasi dan mendorong pelaksanaan PPDB di awal bulan Maret 2017.

Pelaksaan PPDB di MTs N 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018 dilaksanakan Mulai tanggal 1 bulan Maret 2017 sampai tanggal 4 April 2017 dengan menggunakan system One Day Servis (pelayanan satu hari), setiap calon peserta didik dapat mendaftar secara online dengan mengisi formulir pendaftaran yang sudah disiapkan melalui website MTs Negeri 1 Semarang www.emtessa.com, setelah selesai baru memverifikasi data ke Madrasah.

Verifikasi calon peserta didik wajib mengikuti seleksi ujian Baca Tulis Al-Quran (BTQ) dengan tujuan agar madrasah memiliki data calon siswa yang bisa baca tulis Al Quran dengan maksud untuk lebih mudah memetakan kemampuan BTQ calon siswa, dimana seleksi ujian BTQ calon peserta didik wajib mengikuti serangkaian seleksi ujian melalui komputer yang menggunakan program khusus berupa soal akademik meliputi materi pelajaran matematika, IPA terpadu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PAI dengan jumlah soal 40 butir, kemudian dilanjutkan dengan seleksi ujian psikotes dengan jumlah soal 50 butir kemudian diakhiri dengan seleksi ujian kejujuran dengan jumlah soal 25 butir. Setelah selesai pada hari yang sama panitia membuat pengumuman lolos seleksi penerimaan calon siswa. Kriteria calon siswa yang diterima menjadi siswa MTs Negeri 1 Semarang adalah nilai gabungannya harus melebihi nilai 65. Bagi yang dinyatakan lolos seleksi, orang tua/wali murid dan calon peserta didik harus membuat kontrak belajar selama menjadi siswa MTs Negeri 1 Semarang.

Daya Tampung calon siswa kelas 7 pada PPDB MTs Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 adalah 324 siswa. Sampai hari ini Jumat, 24 Maret 2017 sampai pukul 10.00 WIB jumlah pendaftar PPDB sudah mencapai 616 pesrta didik, yang dinyatakan lolos seleksi dan sudah daftar ulang sebanyak 309 calon siswa. Yang belum daftar ulang ada 10 orang. Masih ada kursi kosong 6 peserta didik. Calon peserta didik yang tidak diterima 292 siswa.

Rencana hari Senin tanggal 27 Maret 2017 PPDB MTs Negeri 1 Semarang sudah ditutup karena sudah memenuhi kuota. Semoga system one day servis PPDB MTs Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 menginspirasi madrasah di Kota Semarang. Harapan terakhir dari kepala MTs Negeri 1 Semarang, agar Madrasah Kota Semarang siap bersaing dengan sekolah-sekolah umum di kota semarang, jadi madrasah tidak dilihat hanya dari sisi agamanya tetapi lulusan-lulusan Madrasah dapat setara bahkan lebih dari sekolah-sekolah umum. (joko-am/gt)