PPG Secara Daring, GPAI Harus Siap

Kabid PAI memberikan pengarahan pada acara rakor

Solo (Bid PAI)-Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2021 pada masa pandemi saat ini dilakukan secara daring. Para peserta sudah mengikuti kegiatan tersebut melalui platform e-learning yang telah disediakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) masing-masing. Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam mengatakan pelaksanaan PPG peserta dari Jawa Tengah mengikuti dari di berbagai LPTK yang tidak hanya di Jawa tapi juga ada yang mengikutinya pada LPTK yang berada diluar Jawa. Hal itu disampaikan Imam Buchori pada Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi BPKP, Evaluasi TPG dan PPG Tahun 2021 di Hotel Syariah Solo, Selasa-Rabu, 7-8 September 2021.

“Tahun ini peserta PPG GPAI dari Jawa Tengah mengikuti sertifikasi gurunya diberbagai perguruan tinggi baik di Jawa Tengah diluar  provinsi bahkan diluar Jawa seperti Aceh dan Sumatera Barat. Meskipun jauh tidak menjadi masalah, karena PPG dilaksanakan secara daring sehingga GPAI tidak perlu hadir langsung kesana”,  papar Imam Buchori.

Imam menambahkan, diperlukan kesiapan guru untuk mengikutinya baik sarana prasarana maupun kesiapan mengatur waktu proses belajarnya.

“PPG ini bisa diikuti dari rumah, sekolah atau dimanapun tempatnya yang penting bisa terkoneksi internet”, tambahnya.

Sementara Moch. Muizzuddin Sub Koordinator Seksi SI menyampaikan bahwa banyak guru PAI yang belum siap atau belum terbiasa ketika prosesnya dilaksanakan secara online melalui platform LMS yang sudah disediakan.

“PPG yang sudah berjalan secara daring ternyata guru-guru kita masih banyak yang kurang familier terhadap system yang dilaksanakan secara online”, ungkapnya.

“Langkah solutif yang dilakukan Dit. PAI dan LPTK dalam hadapi realitas ini adalah dengan  menambah durasi waktu PPG bagai GPAI untuk bimbingan teknis aplikasi,” tambahnya.

Sebagai tambahan informasi PPG tahun ini juga berbeda disbanding PPG tahun-tahun sebelumnya, karena PPG tahun ini guru dituntut untuk menunjukan kinerjanya, berupa produk video pembelajaran yang telah dibuatnya selama melaksanakan tugas mengajarnya disekolah. Peserta guru PAI yang mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) PAI dari Jawa Tengah saat ini berjumlah 1.281 orang.(dsr/rf)