PPIH Debarkasi Solo serahkan jenazah jemaah wafat di pesawat

Boyolali – Lengkingan sirine disertai kilatan lampu rotari ambulan memasuki Asrama Haji Donohudan Boyolali, sontak rombongan crew media dan satuan petugas (Satgas) PPIH Debarkasi segera menghampiri mobil yang membawa jenazah Siti Ngafifah Achmad Sukemi, jemaah masuk dalam kelompok terbang (kloter) 6 yang wafat di dalam pesawat GA 6702 pembawa jemaah haji kloter 6 pada Rabu (30/09) lalu.

Jenazah Siti Ngafifah Achmad Sukemi diturunkan dari pesawat pada saat mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh guna pengisian bahan bakar, wafatnya jemaah haji asal Kabupaten Purbalingga tersebut diketahui pertama kali oleh Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang mendampingi jemaah kloter 6. Menurut penuturan petugas TKHI almarhumah dinyatakan sehat dan layak untuk pulang ke tanah air, selama perjalanan dalam pesawat terlihat tidur pulas, terakhir sebelum pendaratan juga masih terlihat bernafas.  Kecurigaan petugas muncul pada saat pesawat mendarat dan posisi almarhumah tetap dalam posisi tertidur, setelah didekati dan dicek oleh petugas TKHI dan crew pesawat, didapati bahwa beliau sudah tidak bernafas. (baca juga : Jemaah haji asal Purbalingga meninggal di pesawat)

Akhirnya jenazah diturunkan dan dibawa ambulan menuju RSU. dr. Zainoel Abidin Banda Aceh untuk dibuatkan surat keterangan kematian sekaligus untuk peramutan jenazahnya. Dalam surat keterangan kematian yang dibuat oleh Dr. dr. H. Taufik Suryadi, Sp. F dokter spesialis forensik dari rumah sakit tersebut menyatakan bahwa jenazah sudah meninggal dunia pada saat di bawa ke rumah sakit bukan akibat dari penyakit menular dan penyakit yang membahayakan. Hanya saja menurut catatan medis almarhumah terdapat indikasi penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Dini hari tadi tepatnya pikul 03:13 WIB peti berisi jenazah almarhumah tiba di Bandara Adi Soemarmo dan masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali pada pukul 03:30 WIB, selanjutnya dilakukan pengecekan terhadap jenazah serta dokumen pendukungnya. Pada puku 04:50 prosesi penyerahan secara resmi dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo yang diwakili oleh Sekretaris PPIH Ahyani, didampingi Wakil Sekretaris II Fitriyanto dan Wakil Sekretaris III Badrus Salam kepada petugas daerah kabupaten Purbalingga.

“Kami mewakili PPIH Debarkasi Solo menyerahkan jenazah atas nama Siti Ngafifah Achmad Sukemi lengkap dengan dokumen pendukungnya kepada Saudara, yang selanjutnya supaya dapat segera diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan dengan baik sesuai shar’i,” ucap Ahyani saat menyerahkan secara simbolis jenazah kepada petugas daerah.

Selanjutnya jenazah dibawa oleh ambulan menuju rumah duka yang beralamat di Pengambonan Rt. 02 Rw. 05 Purbalingga untuk diserahkan kepada keluarga. (gt)