PPIH Embarkasi Solo Persiapkan Keberangkatan Kloter 1

Boyolali – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo tahun 1437H / 2016M menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) kelompok terbang (kloter) 1 yang berasal dari Kabupaten Tegal. Persiapan ini dirasa perlu karena pada kloter 1 biasanya dilakukan seremonial berupa upacara pemberangkatan yang dihadiri oleh para pejabat tinggi di Jawa Tengah.

Sekretaris PPIH Embarkasi Solo Noor Badi memimpin dan memandu rapat dengan fokus pada persiapan teknis pelaksanaan pemberangkatan kloter 1. Menyangkut kesiapan dokumen CJH baik paspor maupun visa, berdasarkan data dari Bidang Dokumen menyebutkan bahwa seluruh paspor CJH Embarkasi Solo sudah semuanya terkirim ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI selanjutnya didaftarkan untuk memperoleh visa, namun sampai dengan hari ini Minggu (07/08) baru 17,437 visa yang sudah jadi.

“Mekanisme proses pendaftaran visa sudah kita ikuti sesuai aturan, seluruh paspor CJH Jawa Tengah sudah semuanya masuk ke Ditjen PHU untuk divisakan ke kedutaan besar Arab Saudi, namun sampai dengan saat ini baru 17,437 visa yang siap dengan rincian 14,713 untuk Jemaah Jateng dan 2,354 Jemaah DIY, kita berharap seluruh kekurangan visa bisa segera jadi sehingga tidak terjadi lagi permasalahan visa seperti pada tahun lalu,” ucap Noor Badi.

Dipastikan, bahwa seluruh CJH yang akan masuk asrama sudah menerima Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA). Untuk kloter 1 dan 2 asal Kabupaten Tegal yang akan berangkat pada Selasa (09/08) seluruh visa sudah siap sehingga tidak ada kendala terkait visa.

“Kloter 1 dan 2 masing-masing berjumlah 355 jemaah dan 5 petugas, seluruhnya sudah memiliki visa dan bisa masuk asrama jika sudah menerima SPMA, sehingga sesuai jadwal Selasa kedua kloter tersebut bisa diberangkatkan penuh jika dalam pengecekan kesehatan seluruh CJH direkomendasikan oleh Bidang Kesehatan untuk berangkat,” lanjutnya.

Menurut data yang dihimpun dari Bidang Dokumen, Embarkasi Solo dalam musim haji tahun 2016 ini akan memberangkatkan sebanyak 26,561 jemaah, terdiri dari 23,717 jemaah asal dari Jateng, 2,474 jemaah asal DIY dan petugas kloter sebanyak 370.

Dari sisi penerbangan, pihak Garuda menyiapkan 6 pesawat Airbus 330 dengan kapasitas penumpang 360 untuk membawa CJH Embarkasi Solo menuju Tanah Suci, menyangkut jadwal penerbangan pihak Garuda akan konsisten terhadap komitmen yang telah ditetapkan dan apabila ada perubahan jadwal penerbangan pihaknya akan segera memberikan informasi kepada PPIH demi kelancaran dan kenyamanan dalam pelayanan terhadap jemaah. (gt/gt)